(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Pentingnya Mengenalkan Tokoh Dunia Pada Anak

Admin disdikpora | 20 September 2017 | 1645 kali

Membentuk karakter anak bisa melalui beragam cara. Salah satunya lewat sejarah dan mengenalkan tokoh-tokoh dunia. Inspirasi dari para tokoh itu juga bisa membuat anak termotivasi.

Tentu cara mengenalkannya harus disesuaikan dengan usia anak. Misalnya untuk anak usia dini maka bisa dengan mendongengkannya atau memperlihatkan fotonya. Sedang untuk anak usia sekolah bisa dengan menyediakan buku bacaan ringan sesuai usianya.

Berikut beberapa manfaat mengenalkan tokoh dunia pada anak.

Pertama, menambah pengetahuan. Anak akan tahu tokoh-tokoh yang dengan kerja kerasnya mampu mengubah dunia. Kenalkanlah sosok yang mengubah peradaban seperti kisah-kisah nabi, para sahabat, para ulama dan tokoh dunia lainnya, seperti Aristoteles, Thomas Alfa, sampai pahlawan bangsa ini.

Kedua, memotivasi. Ceritakanlah kisah-kisah kecil mereka yang menggambarkan kegigihan, disiplin, telaten, tidak putus asa dan selalu berbuat baik. Dengan begitu anak akan memiliki keinginan meniru perjuangan mereka, semangat belajarnya terus tumbuh dan memiliki keinginan kuat untuk mewujudkan cita-cita yang diimpikannya. Anak akan menyadari perlu kerja keras, keuletan dan semangat yang tinggi untuk menjadi seperti sosok yang diidolakannya.

Ketiga, membentuk karakter. Mengetahui perjalanan hidup dan perjuangan tokoh-tokoh dunia akan membentuk kepribadian yang baik. Karena anak sejatinya sudah bisa menyaring baik tidaknya yang ia lihat maupun dengar. Secara perlahan anak akan terdorong untuk mengambil sikap. Saya harus disiplin, saya harus berbuat baik pada ayah dan ibu, saya harus rajin belajar dan seterusnya. Karakter inilah yang akan membangun kesuksesan jalan hidup anak.

Keempatmenjadi kiblat. Dari sekian cerita yang ia dengar pasti ada beberapa atau salah satu yang terekam di memori anak yang selanjutnya bisa menjadi panutan anak dalam meniti kehidupan. Terinspirasi dari para tokoh yang akan menguatkan anak dalam mengerjakan sesuatu untuk cita-citanya. (Laelatul Istiqomah - Mahasiswa IAIN Purwokerto dan Relawan Rumah Kreatif Wadas Kelir)