(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Remaja Galau, Ini Peran Orang Tua

Admin disdikpora | 19 April 2018 | 674 kali

Masa remaja merupakan saat-saat dimana seorang anak berada dalam kegalauan dan ketidakpastian, disebut anak-anak sudah tidak mau, tapi disebut dewasa juga belum sanggup.

Dalam keadaan galau dan tidakpasti tersebut, seorang remaja mencari identitas diri, salah satunya jadi gemar bergaul dengan teman sebaya dan mencoba mencari panutan lain di luar orang tuanya.

Masalahnya, seorang remaja menjadi gampang terpengaruh teman-teman sebayanya, termasuk untuk berbuat perilaku negatif yang merugikan dirinya sendiri dan orang lain seperti tawuran, seks bebas, narkoba, dll.

Karena itu, perhatian dan kasih sayang dari orang tua menjadi hal sangat penting dan perlu ada dalam keluarga.

Dikutip dari situs Plannedparenthood, ada perlakuan orang tua yang bisa membuat remaja tetap menjaga nilai-nilai moral yang diberikan orang tuanya. Lakukan lah hal-hal seperti ini:

1. Jalin komunikasi
Orang tua perlu terus menjalin komunikasi dan interaksi dengan anak remajanya. Bisa dengan menelponnya, sms, BBM, WA, atau sarana komunikasi lain walau hanya sekedar menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan anaknya saat itu. Orang tua perlu menyediakan waktu untuk mendengarkan cerita dan pengalaman tentang aktivitas anaknya.

2. Habiskan waktu bersama
Perlu meluangkan waktu sejenak bersama anak remajanya. Lakukan aktivitas bersama meski hanya seminggu sekali atau beberapa menit saja dalam sehari, bisa berenang, main basket, belanja bersama, dll.

3. Tepati Janji
Jika orang tua berjanji akan suatu hal kepada anaknya, maka berusahalah untuk selalu menepati janji tersebut. Kalaupun orang tua benar-benar tak mampu menepati janjinya karena suatu hal yang tak bisa dihindari maka sampaikan permintaan maaf dan penyesalan orang tua kepada anak.

4. Jangan perlakukan anak seperti anak kecil
Walaupun anak remaja belum sematang orang dewasa, tapi mereka tetaplah bukan anak kecil lagi sehingga orang tua perlu memperlakukan mereka selayaknya anak yang sudah besar telah beranjak remaja. Mulailah memberi kepercayaan pada mereka, ajak mereka mengambil keputusan bersama melalui diskusi hangat.

5. Berusahalah lebih peka
Ingatlah hari spesial anak, tidak harus memberi hadiah atau aktivitas spesial. Orang tua cukup berusaha mengingat hari spesial anak dan mengucapkannya ke anak. Mereka akan senang karena merasa diperhatikan dan disayang.

6. Beri apresiasi
Orang tua perlu rajin mengapresiasi anaknya yang remaja atas segala hasil karya yang dibuatnya. Hargai prosesnya walau bagaimanapun hasil yang ada. Jangan merendahkan hasil karyanya apalagi membandingkan kelebihannya dengan kakaknya atau temannya. Terus motivasi mereka untuk terus berkarya.

7. Katakan pada anak bahwa orang tua mencintainya
Meskipun orang tua pasti mencintai anak-anaknya, namun menjadi hal penting bagi orang tua untuk tetap mengucapkannya dan menyampaikan hal tersebut ke anak bahwa orang tua mereka peduli padanya dan menyayanginya. Katakan itu setiap hari dan jadikan kebiasaan. (Yanuar Jatnika)