(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Tips Bagi Orang Tua Awasi Pergaulan Remaja

Admin disdikpora | 18 Mei 2018 | 3536 kali

Pergaulan remaja saat ini, tidak hanya di kota besar, bahkan juga sampai di kota kecil, menjadi salah satu kekhawatiran para orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Tawuran, penyalahgunaan narkoba, seks bebas, dan bermacam perilaku remaja yang negatif menjadi fenomena yang kerap terjadi. Walaupun tentunya, banyak juga remaja yang terbebas dari perilaku negatif dan tumbuh menjadi remaja yang bermanfaat bagi diri, keluarga, dan masyarakat.

Tak sedikit orang tua yang menyekolahkan anaknya di lembaga pendidikan berbasis agama dan ketat melaksanakan peraturan. Beberapa orang tua menerapkan aturan ketat bagi anak-anaknya dalam bergaul, seperti pulang ke rumah setelah bubaran sekolah, larangan keluar rumah di malam hari, dan sebagainya.

Apa yang diterapkan para orang tua itu tidak salah dan mungkin tepat mengurangi kenakalan remaja. Dikutip dari Familyshare, ada  tips tambahan agar anak tidak terjerumus dalam pergaulan bebas, seperti :

 

Selektif memilih lingkungan bergaul

Anak perlu diajari bagaimana mencintai dan menunjukkan rasa hormat kepada semua orang, tetapi ingatkan juga kalau mereka harus sangat selektif saat memilih lingkungan untuk bergaul. Bukan berkaitan pada popularitas, tetapi terkait dengan kekuatan karakter akan terbentuk dari teman-teman dekat.

 

Jangan ada sarkasme dan kata-kata negatif di rumah

Nada bicara akan menciptakan karakter sebuah keluarga. Jika Anda ingin rumah terlindungi dari hal negatif, maka jangan mengeluarkan kata-kata negatif untuk memerintah. Jadilah pemberi saran yang baik, bukan kritikus.

 

Ceritakan sejarah keluarga

Orangtua perlu membentuk kestabilan emosi anak. Ceritakan tentang sejarah keluarga agar mereka memiliki rasa, identitas, dan optimisme untuk mencapai masa depan yang baik. Hal ini menyadarkan anak dari mana mereka berasal dan mereka tahu batasan dan apa yang harus dilakukan.

 

Berdoa atau ibadah bersama

Kekuatan dasar iman akan membentuk ketahanan yang kuat untuk menjalani hidup. Sehingga mereka tak mudah goyah jika digoda pergaulan menyimpang.

 

Kekuatan Cinta Kasih

Tidak ada orang tua yang sempurna, sehingga Anda pasti akan membuat kesalahan, tapi cinta memiliki kekuatan untuk menutupi semua kesalahan. Cinta adalah tugas yang paling penting dan hak istimewa sebagai orang tua. Yanuar Jatnika

Download disini