(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Wanita Karir Sukses Mengasuh Anak, Bisa!

Admin disdikpora | 18 April 2018 | 3943 kali

Banyak wanita yang mendambakan sukses berkarir sekaligus membina rumah tangga. Selain untuk menopang ekonomi keluarga, menjadi seorang wanita karier juga kerap dapat meningkatkan status sosial.

Wanita karir tetap dapat sukses mengasuh dan mendidik anak-anak. Namun, harus pandai membagi waktu dan jangan sampai menjadikan ibu “lupa” mengurus rumah tangga.

“Wanita karir harus pandai menentukan skala prioritas, dan mampu membedakan persoalan yang penting dan mendesak antara urusan kantor dan rumah tangga,” ujar pakar PAUD dan Pendidikan Keluarga, Gusnawirta Jalal kepada redaksi Sahabat Keluarga.

Ia menyebutkan, saat ini banyak sekali wanita yang berkarier di berbagai bidang. Hal tersebut tidak terlepas dari adanya kesempatan wanita untuk memperoleh pendidikan setinggi-tingginya.

Banyak wanita karier yang berhasil mendidik anak. Resepnya, mereka mampu menyeimbangkan fungsi dan waktu sebagai ibu rumah tangga dan pekerjaan kantor. Meskipun, banyak pula yang tidak berhasil.

“Biasanya yang gagal karena ia terlalu sibuk mengurusi pekerjaannya di kantor, menomorduakan urusan keluarga, dan akhirnya pendidikan anak terbengkalai,” ujarnya.

Wanita karir harus berkomitmen untuk meluangkan waktu pada saat libur. Jika sudah tiba di rumah, upayakan untuk menjalin kedekatan dengan suami dan anak-anak.

Walaupun peran sebagai wanita karir sekaligus ibu rumah tangga tidak dapat dilakukan secara sempurna, maksimal ibu sudah berusaha agar semuanya dijalankan secara seimbang.

Dukungan dan kerja sama suami sangat dibutuhkan dalam pengawasan, pengasuhan, dan tumbuh kembang anak. Dengan peran serta ayah maka pengasuhan anak lebih optimal. “Kepercayaan diri, keyakinan dan dukungan dari anggota keluarga akan membuat ibu yakin dan mampu menjalankan tugas-tugasnya sebagai ibu sekaligus wanita karier. *Yohan Rubiyantoro/Kemitraan