(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KURIKULUM MERDEKA, GURU DIHARAPKAN SIAP DENGAN PEMBELAJARAN PARADIGMA BARU

Admin disdikpora | 27 Juni 2022 | 375 kali

KURIKULUM MERDEKA, GURU DIHARAPKAN SIAP DENGAN PEMBELAJARAN  PARADIGMA BARU 


Banjar, Senin 27 Juni 2022 | DISDIKTODAY 

Seusai membuka kegiatan di SD N 3 Busungbiu, Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S. Pd, M. M langsung menuju SMP N 2 Banjar untuk membuka Kegiatan In House Training ( IHT) implementasi kurikulum merdeka ( IKM) Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 SMP N 2 Banjar, Senin 27/6/22.


Dalam kesempatan ini Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng menyampaikan arahan kebijakan Disdikpora Kabupaten Buleleng dalam bidang pendidikan khususnya memberikan untuk kembali mengajak bapak ibu guru untuk tidak berhenti belajar dan tidak anti dengan perubahan-perubahan terhadap kurikulum tersebut.Bapak Ibu Guru diharapkan menyadari pergantian masa, maka daripada itu  tantangan - tantangan kedepan perlu dihadapi dengan cara tetap menyesuaikan diri dengan kondisi maupun keadaan pendidikan terkini.Untuk itu pemerintah selalu berupaya  melaksanakan upaya penyesuaian salah satunya pemberlakuan kurikulum merdeka.


Harapan kedepan semua peserta yang ikut dalam kegiatan ini bisa memahami  dan mengerti serta mampu melakukan action dilapangan. Selain itu, guru harus mempersiapkan perangkat ajar, guru diharapkan merubah diri terhadap metode pembelajaran  paradigma baru dalam artian bagaimana mengajar siswa dengan memanfaatkan teknologi salah satunya harus mempunyai akun belajar. Id. Selanjutnya mengenai Asesmen, bagaimana guru - guru bisa menyusun naskah asesmen dan bagaimana mengetahui tingkat literasi, numerasi dan karakter di satuan Pendidikan. 


Dalam implementasi kurikulum merdeka  ini Bapak Ibu guru nantinya bisa melakukan penyesuaian-penyesuaian pembelajaran  dan tentunya hal ini bisa dilakukan dengan meng-update diri sendiri melalui aplikasi dan sarana pendukung yang sudah disiapkan oleh pemerintah.Salah satu aplikasi yang dipertegas dalam pertemuan ini adalah penggunaan aplikasi merdeka mengajar  sebagai salah satu tuntunan untuk melaksanakan implemnetasi kurikulum merdeka sebagai juga aktivasi dari akun belajar.id yang nantinya sangat membantu bapak ibu guru dalam proses pembelajaran maupun administrasi kependidikan sebagai seorang guru.


Sementara itu,  Kepala SMP N 2 Banjar, Putu Reka Adi Suta, M.Pd.dilaksanakan dengan metode presentasi, diskusi dan aksi nyata yang nantinya akan lebih memberikan dorongan kepada para peserta untuk bisa lebih  cepat memahami tentang implementasi kurikulum merdeka dan bisa dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2022/2023. Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal  27 sampai dengan  2 Juli 2022. Kegiatan ini diikuti sebanyak 42 orang peserta berasal dari SMP N 2 Banjar.Kegiatan ini juga dihadiri Pengawas Manajerial SMP N 2 Banjar, I Made Pasek, S. Pd, M. Pd dan Fasilitator Kurikulum Merdeka, Gede Hendri Ari Susila.