(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RAPAT PEMAPARAN USULAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN TAHUN 2022

Admin disdikpora | 21 Oktober 2021 | 111 kali

RAPAT PEMAPARAN USULAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN TAHUN 2022


Singaraja, 21 Oktober 2021 | DisdikToday


Dalam rangka penyusunan rencana kerja bidang penelitian dan pengembangan daerah tahun anggaran 2022, Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng melaksanakan rapat pembahasan usulan proposal penelitian bertempat di ruang rapat Balitbang Inovda pada Kamis, 21 Oktober 2021.


Rapat yang dipimpin Kepala Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng, dr. Gede Wiartana, M.Kes. dengan moderator Drs. Made Roy Astika dihadiri peserta dari Perangkat Daerah yang sebelumnya telah mengajukan usulan proposal penelitian untuk selanjutnya akan dilakukan pengujian oleh tim ahli yang terdiri dari unsur akademisi perwakilan Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Panji Sakti, dan STAH Mpu Kuturan. 

Berikut Perangkat Daerah beserta judul kajian yang diajukan:

1. Dinas PUTR Kab. Buleleng: Naskah Akademik Perubahan Perda No. 1 Tahun 2015 tentang Bangunan Gedung

2. Dinas Perhubungan Kab. Buleleng, dengan 2 judul: (1) Rencana Induk Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan; dan (2) Kajian terkait Pendataan Aset LPJU

3. Dinas Lingkungan Hidup Kab. Buleleng: Sistem Pemungutan dan Besaran Retribusi Pengelolaan Persampahan/Kebersihan Kawasan Perkotaan dan Kawasan Pedesaan

4. Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kab. Buleleng, dengan 2 judul: (1) Pengembangan Kebijakan Ekonomi Mikro pasca Covid-19 di Kabupaten Buleleng, dan (2) Penanggulangan Kemiskinan melalui Strategi Kebijakan Pembangunan Industri di Kabupaten Buleleng

5. Dinas Pariwisata Kab. Buleleng, dengan 2 judul: (1) Pengembangan Desa Agrowisata Berbasis Tri Hita Karana di Desa Sambangan, dan (2) Rekonstruksi Model Desa Wisata Tradisional Balinese Life pada Desa Bali Aga di Kabupaten Buleleng

6. Dinas Tenaga Kerja Kab. Buleleng: Upaya apa yang dilakukan pemerintah bagi perusahaan dan pekerja terdampak Covid-19?

7. Bagian Pemerintahan Setda Kab. Buleleng: Penyusunan Naskah Akademik Perubahan Perda No. 3 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Sementara Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng mengangkat judul kajian “Merekonstruksi Kebijakan Pendidikan (Sistem Belajar Mengajar) di Kabupaten Buleleng Pasca Covid-19” sebagai model konsep pembelajaran masa depan di Kabupaten Buleleng.


Pada kesempatan ini, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng atas seizin Kepala Dinas diwakili Sekretaris Dinas Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.,M.A.P. dan didampingi Kasubag Perencanaan, Gede Wardana, S.Kom. Kegiatan diawali dengan pemaparan secara singkat proposal penelitian meliputi latar belakang permasalahan, rumusan masalah, maksud dan tujuan kegiatan, sasaran yang ingin dicapai serta kegunaan kajian.


Wabah Covid-19 telah merubah semua tatanan kehidupan umat manusia, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Konsep pembelajaran yang sebelumnya dilakukan dengan proses tatap muka langsung, kini mesti digantikan dengan proses pembelajaran dalam jaringan (daring). Berbagai persoalanpun muncul manakala terjadi perubahan paradigma proses pembelajaran yang sangat masif. Untuk itu, evaluasi terhadap pembelajaran digital sangat urgent dilakukan.


Rumusan penelitian berfokus pada: 

1. analisis berbagai macam flatform pembelajaran digital yang digunakan saat ini

2. analisis efektivitas flatform yang digunakan  

3. analisis masalah-masalah yang timbul dengan sistem pembelajaran digital pada guru, siswa dan orangtua 

4. kebijakan menentukan model pembelajaran yang dikembangkan pasca Covid-19.


Selanjutnya tahapan penelitian meliputi kegiatan define (identifikasi kebutuhan), design (rancangan draf model), development (pengembangan model), dan dissemination (penyebarluasan) dengan objek eksperimen terhadap sekolah, siswa, guru, dan orangtua pada 36 sasaran SD dan 18 SMP sehingga produk dari penelitian ini adalah model pembelajaran digital yang valid dan reliabel pada pendidikan dasar di Kabupaten Buleleng.