(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SOSIALISASI SKP TAHUN 2022 PADA JENJANG SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN GEROKGAK

Admin disdikpora | 16 Desember 2022 | 276 kali

SOSIALISASI SKP TAHUN 2022 PADA JENJANG SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN GEROKGAK

Gerokgak, Jumat 16 Desember 2022 | DISDIKTODAY


Bertempat di Aula SD Negeri 1 Banyupoh Kecamatan Gerokgak,  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menghadiri Sosialisasi SKP Tahun 2022 Jenjang Sekolah Dasar se-Kacamatan Gerokgak, Jumat 16/12/22.


Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Sekolah Dasar/salah satu guru ASN yang mewakili dari 45 SD Negeri di lingkup Korwil Disdikpora Kecamatan Gerokgak. Acara dibuka  Ni Luh Putu Lasmini, SH selaku Kasi GTK SD mewakili Plt.Kabid Pembinaan GTK  Disdikpora Kabupaten Buleleng, didampingi oleh I Putu Suardika, M.Pd selaku Korwil Disdikpora Kecamatan Gerokgak, Bapak Putu Darwata, S.Pd selaku Ketua K3S Kecamatan Gerokgak, Luh Putu Hapsari Dewi (Staf Seksi GTK SMP) sebagai Narasumber SKP, I Gede Sugita Yasa, S.Pd (staf GTK SD) sebagai pendamping penyusunan SKP.


Untuk tahun ini, yang menjadi dasar peraturan yang berlaku adalah Permenpan RB No. 6 Tahun 2022, merupakan perubahan dari Permenpan RB Nomor 8 Tahun 2021. Adapun beberapa perbedaan yang terlihat dari 2 peraturan tersebut diantaranya adalah Core Value yang digunakan beralih dari Aneka menjadi BerAKHLAK. Pada SKP 2022 juga mengedepankan ekspektasi pimpinan serta pemberian umpan balik yang harus diberikan atasan kepada pegawai yang dinilai, sehingga perlu sekali diadakan dialog terbuka antara atasan dan semua guru serta pegawai di sekolah tersebut.


Selanjutnya  peserta juga langsung praktik dalam menyusun SKP dibawah panduan narasumber. Poin-poin mana yang sudah terisi otomatis dan bagian mana yang harus diisi secara manual juga dijelaskan secara detail. Ditegaskan kembali oleh Ibu Hapsari, pengisian data pada form SKP harus didasari dengan koordinasi yang baik antara kepala sekolah, guru dan pegawai agar data MPH dalam satu sekolah tidak ada perbedaan. Secara garis besar, penyusunan SKP tahun ini telah dilakukan penyederhanaan dibandingkan dengan laporan SKP tahun lalu. Berdasarkan testimoni dari peserta, penyusunan SKP tahun ini  dinilai lebih mudah dari tahun sebelumnya. 


Lebih lanjut, Ni Luh Putu Lasmini, SH selaku Kasi GTK SD Disdikpora Kabupaten Buleleng menghimbau agar penyusunan SKP dapat dilakukan secepatnya, mengingat sudah memasuki bulan Desember. Nantinya laporan diharapkan sudah selesai diperiksa oleh Bidang Pembinaan GTK Disdikpora Kab. Buleleng pada akhir bulan Januari 2023. Tidak lupa juga diingatkan agar laporan dicetak dalam 2 rangkap untuk dijadikan arsip oleh sekolah masing-masing dan yang lagi satu dikirimkan ke BKPSDM. 

Terakhir, acara ditutup oleh Ibu Ni Luh Putu Lasmini, SH mewakili Bapak Plt.Kabid Pembinaan GTK Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng dengan harapan peserta yang hadir dapat mensosialisasikan materi yang didapat kepada rekannya di sekolah masing-masing sehingga informasi dapat tersebar dengan baik.