(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

WORKSHOP PENDIDIKAN DENGAN PARADIGMA BARU MELALUI KURIKULUM MERDEKA

Admin disdikpora | 27 Maret 2023 | 704 kali

WORKSHOP PENDIDIKAN DENGAN PARADIGMA BARU MELALUI KURIKULUM MERDEKA 


Singaraja, Senin 27 Maret 2023 l DISDIKTODAY

Forum Satuan Pendidikan Non Formal Buleleng yang terdiri dari Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se-Kabupaten Buleleng menyelenggarakan Workshop Pendidikan Dengan Paradigma  Baru melalui Kurikulum Merdeka kepada Pengelola PKBM, Guru Pamong SPNF SKB Buleleng, Tutor masing-masing PKBM dan dihadiri pula oleh  Penilik Disdikpora Kab. Buleleng.

Acara yang diadakan di Aula SPNF SKB Kabupaten Buleleng pada hari ini Senin, 27 Maret 2023.Kegiatan ini buka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng yg diwakili oleh Kasi Kurikulum PAUD dan PNF Komang Sudarsana, S.Pd. M.Pd didampingi oleh Subkor Peserta Didik PAUD dan PNF Eka Titi Suryani, SP. M. Pd. 

Dalam sambutan tertulis Kadisdikpora Buleleng disampaikan bahwa kegiatan ini sangat tepat untuk merespon Surat Edaran Mendikbudristek RI Nomor 0574/H.H3/SK.02.01/2023 Tentang Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Tahun Ajaran 2023/2024. Perubahan yang terjadi pada sektor pendidikan memerlukan respon cepat sehingga penyesuaian-penyesuaian dapat dilaksanakan dengan baik. Saat ini, pembelajaran yang bersifat konvensional telah beralih dengan mengadaptasi pembelajaran yang berbasis digital. Sebagai tenaga pendidik maupun kependidikan tentunya mesti adaptif terhadap perubahan tersebut. Dalam hal peluncuran Kurikulum Merdeka sudah diikuti dengan berbagai fasilitas dalam aplikasi yang saling berkaitan seperti raport pendidikan, platform merdeka mengajar, dan juga perencanaan berbasis data. 

Melalui aplikasi tersebut satuan pendidikan akan memperoleh pedoman dalam mengelola layanan pendidikan secara optimal dari tahap perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi programnya. Tentunya setelah kegiatan ini diharapkan Satuan Pendidikan dapat memahami dan lanjut tidak ragu-ragu untuk mendaftarkan diri memilih Kurikulum Merdeka pada salah satu level; Mandiri Belajar, Mandiri Berubah atau Mandiri Berbagi, sesuai dengan kondisi dan kemampuan lembaga masing-masing. Pendaftaran IKM secara mandiri masih dibuka sampai 31 Maret 2023.    

Sementara itu, ketua forum Putu Suadnyana dalam laporan panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini difasilitasi oleh dua orang Narasumber yaitu; Dr. Ni Putu Ayu Hervina Sanjayanti,  M.Pd  dari Akademisi/PA PSP dengan materi implementasi Kurikulum Merdeka dan Nyoman Cahyadi, S.Pd  dari Praktisi/Kepala SPNF SKB Kab. Buleleng dengan materi Praktek Baik yang sudah di laksanakan di SPNF SKB Buleleng.