(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

FGD IMPLEMENTASI VBO-LASCARYA

Admin disdikpora | 04 Juli 2023 | 591 kali

FGD IMPLEMENTASI VBO-LASCARYA

Singaraja, Selasa 4 Juli 2023 l DISDIKTODAY

Tata kelola data dan informasi juga mempengaruhi kinerja organisasi dan tata kelola organisasi. Upaya memperbaiki tata kelola organisasi salah satunya dapat dilaksanakan dengan penyelenggaraan data dan informasi yang baik. 


Di mana penyelenggaraan data yang baik saat ini dapat dilakukan dengan penyimpanan data-data dan informasi dalam satu pusat data pada organisasi. Sejauh mana organisasi dapat secara cepat mengatasi permasalahan yang dihadapi ataupun mencapai target-target yang telah ditetapkan ditentukan dengan seberapa valid data yang dimiliki terkait dengan penyelesaian isu-isu yang dihadapi organisasi.


Demikian disampaikan Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng,  Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, .M.A.P., saat pemaparan implementasi rancangan aksi perubahan dalam acara focus grup discussion (FGD) Virtual Back Office LASCARYA bersama stakeholder bertempat di ruang rapat Kepala Dinas, Selasa (4/7/23)


VBO-LASCARYA yang merupakan akronim dari Virtual Back Office yang Jelas Lancar dan Terpercaya dapat menjadikan solusi menjawab kebutuhan data dan informasi internal Disdikpora Kabupaten Buleleng. Hal ini nampak dari pemanfaatan media digital sebagai platform VBO LASCARYA yang menyediakan ragam data dan informasi dalam mendukung kinerja OPD. Disamping itu, implementasi VBO-LASCARYA nantinya diharapkan dapat mendongkrak peningkatan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Buleleng. 


Disisi lain,  Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng,  Made Astika, S.Pd., M.M., seusai kegiatan menyampaikan bahwa kedepan VBO - LASCARYA ini bisa memberikan kemudahan dalam mencari data.Dari akronimnya saja  jeLAS, lanCAR, terpecaYA, kami ingin menyajikan data yang jelas, lancar dalam artian tidak memerlukan waktu yang lama dan terpercaya dalam artian data yang diunggah bersumber dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng.


Lebih lanjut, aplikasi ini dibuat hanya untuk internal Disikpora Kabupaten Buleleng, namun tak bisa dipungkiri jika nantinya aplikasi ini  juga akan diterapkan kepada masing - masing satuan pendidikan yang ada di Buleleng." Digitalisasi memang mengajarkan kita untuk bekerja lebih cepat, dengan satu kali klik pimpinan maupun instansi lain yang memerlukan data bisa mengakses dengan mudah tanpa perlu lagi harus menghubungi pejabat maupun staf untuk mencari data yang diperlukan" pungkas Kadisdikpora Astika.