(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG JADI PEMBICARA GOOGLE FOR EDUCATION LEADER SERIES ASIA PASIFIC

Admin disdikpora | 23 Mei 2023 | 1405 kali

KADISDIKPORA BULELENG JADI PEMBICARA GOOGLE FOR EDUCATION LEADER SERIES ASIA PASIFIC


Jakarta, Selasa 23 Mei 2023 l DISDIKTODAY

Siang ini, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M. hadir sebagai narasumber dalam acara Google for Education Leader Series Asia Pacific bertempat di Kantor Google, Jakarta, selasa 23/5/23.


Terpilihnya Kadisdikpora Buleleng menjadi pembicara  tunggal mewakili Indonesia adalah sebagai wujud apresiasi dari Google for Education Indonesia atas upaya dan kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng dalam mendorong dan mengupayakan kemajuan digitalisasi bagi peserta didik di Kabupaten Buleleng sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih inovatif.Kegiatan ini dihadiri para pemimpin pendidikan dari Indonesia dan juga negara-negara di kawasan Asia Pasifik dengan tujuan  berbagi wawasan mengenai transformasi pendidikan dan tren pendidikan masa depan.


Lebih lanjut, dalam kesempatan ini Kadisdikpora  Astika berbicara tentang "Transformasi Digital Menuju Pendidikan Buleleng yang lebih Inklusif". "Jika kita lihat dari  pemanfaatan "google workspace for education" dalam hal ini penggunaan akunbelajar.id program dari Kemendikbudristek RI sudah diterapkan oleh peserta didik, PTK Admin, dan Guru  jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Buleleng." Dari dasboard Google di Buleleng presentase aktivasi akun Belajar.id untuk PTK Admin mencapai 67,62 persen, untuk  Peserta Didik sebesar 57.03 persen dan PTK Guru mencapai 89, 21 persen Aktivasi."ujar Astika.



Dihadapan, Direktur Jenderal  PAUD Dikdasmen, Bapak, Dr. Iwan  Syahril, Ph.D.serta para undangan terdiri dari Bupati, Wakilota juga perwakilan dari Negara asing, Kadisdikpora juga menjelaskan tentang bagaimanaPerjalanan Kabupaten Buleleng 

Menuju Transformasi Digital.Perlu diketahui bersama bahwa untuk

Infrastruktur jaringan internet  sudah tersebar di 

326 titik layanan internet.Apalagi saat ini Pemerintah Provinsi Bali sedang membangun Turyapada Tower salah satu  tower ikonik pertama di Indonesia dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti puncak tower sebagai pemancar siaran tv digital, telekomunikasi seluler, dan internet.Disdikpora Kabupaten Buleleng juga sudah melakukan pengadaan perangkat teknologi

pembelajaran (Chromebook,

Perangkat TIK, Internet dll.)

serta Pemanfaatan perangkat Google

Workspace for Education di Akun

Pembelajaran (Belajar.id)



Kedepan, dengan adanya kegiatan semoga kita semua para pemangku pendidikan di Buleleng trus melakukan transformasi digital sehingga  apa yang menjadi harapan dan cita - cita untuk memajukan Pendidikan di Kabupaten Buleleng bisa tercapai.


Sementara itu, pesan dari Dirjen PAUD Dikdasmen kepada seluruh undangan adalah Pendidik harus mengetahui dan memahami peserta didiknya dan memberikan fasilitasi yang berdifferensiasi karena sesungguhnya manusia diciptakan berbeda satu dengan lainnya. Pendidik harus menjadi seorang pembelajar sepanjang hayat yang mau mempelajari, mencermati dan menganalisis karakter dan kebutuhan peserta didiknya sehingga ia mampu memberikan fasilitasi yang tepat dan bermakna.


Diakhir acara, Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng menyerahkan lukisan sampah plastik karya siswa SMP N 1 Singaraja kepada Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek RI.