(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BIMTEK TRANSISI PAUD-SD UNTUK PENGUATAN PERUBAHAN PEMBELAJARAN KEPADA POKJA BUNDA PAUD TAHUN 2024 BATCH II

Admin disdikpora | 22 Juni 2024 | 429 kali

BIMTEK TRANSISI PAUD-SD UNTUK PENGUATAN PERUBAHAN PEMBELAJARAN KEPADA POKJA BUNDA PAUD TAHUN 2024  BATCH II


Surabaya, Sabtu, 22 Juni 2024 l DISDIKTODAY

Disdikpora Kabupaten Buleleng yang dalam hal ini Widya Prada Ahli Muda Subkor Peserta Didik PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, S.P, M.Pd sekaligus selaku Sekretaris Pokja Bunda PAUD, menghadiri undangan Bimbingan Teknis Kelompok Kerja Bunda PAUD Transisi PAUD-SD untuk Penguatan Perubahan Pembelajaran kepada Pokja Bunda PAUD Tahun 2024 Batch II di Wyndham Hotel Surabaya.


Sebanyak 258 Pokja Bunda PAUD Kabupaten/Kota menghadiri Bimtek Pokja Bunda PAUD dari hari Rabu 19 Juni sampai dengan hari Sabtu 22 Juni 2024. Kegiatan Bimtek Pokja Bunda PAUD Batch II dibuka  secara resmi oleh Direktur PAUD, Komalasari, M.Pd.


Dalam sambutan dan arahannya disampaikan bahwa Kelompok Kerja Bunda PAUD merupakan Kelompok di Masyarakat yang memiliki peran strategis karena kontribusinya kepada agenda pembangunan sangatlah besar, serta inisiatif programnya tidak terbatas, untuk itu diadakan Bimbingan Teknis Kelompok Kerja Bunda PAUD Transisi PAUD-SD untuk Penguatan Perubahan Pembelajaran kepada Pokja Bunda PAUD Tahun 2024 Batch II dengan melibatkan seluruh Pokja Bunda PAUD dari Setiap Provinsi dan Kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang akan menghasilkan rencana aksi yang konkrit Perubahan Pembelajaran dari PUAD ke SD untuk Penguatan Pengembangan Kemampuan Fondasi dalam mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di wilayah masing-masing.


Secara umum Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Pokja Bunda PAUD terkait penguatan perubahan pembelajaran dari PAUD ke SD kelas awal, memahami peran mereka untuk melakukan advokasi kebijakan melalui forum komunikasi PAUD-SD untuk perubahan pembelajaran, dan menyusun program kegiatan Pokja Bunda PAUD dalam bentuk aksi konkrit dalam mendukung gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.


Selanjutnya masing-masing Pokja diberikan materi yang akan diimbaskan ke daerah masing-masing dan membuat Rencana Tindak Lanjut (terlampir) Pokja Bunda PAUD tentang aksi nyata Perubahan Pembelajaran PAUD ke SD kelas awal untuk penguatan pengembangan kemampuan dalam mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Untuk mendukung hal tersebut Bunda PAUD agar mempersiapkan kompilasi praktik baik dan inovasi yang dilakukan berupa foto, poster atau video yang nantinya akan dilombakan pada Tahun 2025.