(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG HADIRI PENGIMBASAN METODE GASING DI KECAMATAN GEROKGAK

Admin disdikpora | 08 November 2023 | 377 kali

KADISDIKPORA BULELENG HADIRI PENGIMBASAN METODE GASING DI KECAMATAN GEROKGAK

Gerokgak, Rabu 8 November 2023 | DISDIKTODAY

Kali ini Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., menghadiri kegiatan pengimbasan metode Gasing (Gampang Asyik dan Menyenangkan di SD N 2 Gerokgak, Rabu (8/11).


Dalam penyampaian sambutan dan arahan, secara umum  Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng sangat mendorong percepatan numerasi dengan metode Gasing yang telah berlangsung serentak di Kabupaten Buleleng.


Kadisdikpora Astika, mengatakan akan menargetkan pengimbasan ini sampai dengan bulan Maret tahun 2024. Hal tersebut dikarenakan semua sekolah khususnya tingkat Sekolah Dasar (SD) sudah memiliki trainer. 


“Kedepannya, tahun 2024 siap diseminasi kepada seluruh peserta didik di sekolah. Metode ini akan diterapkan untuk meningkatkan nilai numerasi dari anak-anak kita semua. Sehingga dalam proses pembelajaran tidak ada lagi siswa yang menganggap matematika ini sebuah pembelajaran yang ditakuti,” tegasnya. 


Metode Gasing ini dirasakan sangat bermanfaat dikarenakan masih ada tamatan SD yang melanjutkan ke jenjang SMP sampai saat ini juga numerasinya kurang.


Pihaknya juga berpesan agar metode gasing ini bisa membangkitkan semangat anak - anak dalam belajar berhitung, sehingga menuju Buleleng Pandai Berhitung (Buleleng Dueg Ngitung).


Lebih lanjut, para guru yang telah mengikuti pelatihan metode Gasing nantinya bagi guru yang terbaik akan direkomendasikan agar bisa menjadi trainer mengajar di luar kabupaten. Dalam Kegiatan ini hadir korwil Disdikpora Kecamatan Gerokgak, Putu Suardika, dan K3S SD kecamatan Gerokgak.