(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG HADIRI KUNJUNGAN KERJA BAPPENAS RI DI SD N 3 BANYUPOH DAN SD N 1 SIDETAPA

Admin disdikpora | 26 Oktober 2023 | 591 kali

KADISDIKPORA BULELENG HADIRI KUNJUNGAN KERJA BAPPENAS RI DI SD N 3 BANYUPOH DAN SD N 1 SIDETAPA

Buleleng, Rabu 26 Oktober 2023 l DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng Made Astika, S.Pd, M. M hadir dalam kunjungan kerja Bappenas ke Buleleng.


Bappenas melalui Direktorat Agama, Pendidikan, dan Kebudayaan didampingi Biro Perencanaan Kemendikbudristek dan Balai Wilayah Sarana Prasarana dan Pemukiman PUPR Provinsi Bali melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka pelaksanaan evaluasi tematik tahun anggaran 2023 terkait pembangunan sarana dan prasarana pendidikan di SDN 3 Banyupoh dan SDN 1 Sidetapa. 


Kunjungan tersebut bermaksud untuk menjaring informasi terkait pelaksanaan pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas di sekolah yang telah dilaksanakan di tahun sebelumnya. Untuk diketahui bahwa, SDN 3 Banyupoh telah mendapat bantuan pembangunan berupa Rekonstruksi Ruang Kelas pada tahun anggaran 2020 sampai tahun 2021 yang dilaksanakan langsung oleh Balai Wilayah Sarana Prasarana dan Pemukiman PUPR Propinsi Bali, dan SDN 1 Sidetapa mendapat bantuan pembangunan ruang kelas melalui dana DAK tahun anggaran 2019 yang dilaksanakan secara Swakelola oleh SDN 1 Sidetapa. 


Dalam kesempatan tersebut Kadisdikpora Made Astika, S.Pd., M.M. didampingi Kabid Pembinaan SD, Dra. Made Sri Suparmi,  Kasi Kelembagaan dan Sarpras SD, GedeBani Purbawa, S.T., bersama Kepala Sekolah menyambut baik kunjungan tim Bappenas, Kendikbudriastek dan PUPR.Lebih lanjut, Disidkpora Kabupaten Buleleng mengucapkan terimakasih terhadap bantuan yang telah diberikan serta berharap baik Bappenas maupun Kemendikbudristek bisa membantu proses pengusulan Pembangunan maupun Rehabilitasi Sekolah yang bersifat mendesak dan prioritas di Kabupaten Buleleng melalui dana DAK, sehingga penyaluran APBN melalui DAK bisa tersalurkan dengan tepat. 


Kepada Bappenas, beberapa informasi yang dibutuhkan terkait Rekonstruksi dan Pembangunan Ruang Kelas yang telah dilaksanakan telah disampaikan oleh pihak terkait seperti Kepala Sekolah, Panitia Pembangunan, Pihak PUPR dan Pihak Disdikpora Buleleng seperti proses pekerjaan, kendala - kendala selama pelaksanaan dan manfaat yang diperoleh dari pembangunan tersebut. Adapun pembangunan tersebut telah memberikan manfaat yang besar bagi sekolah dalam hal kenyamanan dan keamanan bagi para siswa dan guru dalam proses belajar mengajar serta bertambahnya jumlah siswa tiap tahun. 


Selain terhadap tim dan panitia pelaksana pembangunan, Bappenas juga melakukan survey pendapat kepada wali/orang tua siswa yang telah diundang untuk melakukan pengisian kuisioner terkait proses dan manfaat yang dirasakan oleh orang tua siswa terhadap pembangunan ruang kelas yang telah dilaksanakan di sekolah. Selanjutnya pihak Bappenas dan Kemendikbudristek melakukan perekapan informasi dan memberikan masukan serta informasi dalam pelaksanaan pengusulan pembangunan dan rehabilitasi bangunan sekolah melalui Dana Alokasi Khusus. Dalam kegiatan ini turut hadir Korwil Kecamatan Gerokgak dan Korwil Kecamatan Banjar.