(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PELATIHAN PENGELOLAAN E-LIBRARY, DISDIKPORA BULELENG GANDENG PENERBIT ERLANGGA

Admin disdikpora | 13 Agustus 2024 | 295 kali

PELATIHAN PENGELOLAAN E-LIBRARY, DISDIKPORA BULELENG GANDENG  PENERBIT ERLANGGA 


Singaraja, Selasa 13 Agustus 2024 | DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., secara resmi membuka Kegiatan Pelatihan Pengelolaan E-Library (Perpustakaan Digital) & Pembelajaran Berdiferensiasi bertempat di Korwil Disdikpora Kecamatan Buleleng, Selasa (13/8) pagi, didampingi Kasi Kurikulum dan Peserta Didik SD, I Ketut Agus Susilawan, S.Pd., M.Pd.


Saat memberikan sambutan, Kadis Astika menyampaikan terima kasih kepada Penerbit Erlangga karena turut bekerjasama mendukung kegiatan pelatihan ini. E-Library merupakan solusi yang sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan informasi di era digital. Dengan pengelolaan yang baik, E-Library dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi pengguna.


Lebih lanjut, pihaknya menegaskan bahwa Sumber Daya Manusia dalam hal ini petugas perpustakaan juga berperan penting bagiamana menciptakan maupun mendorong siswa agar sesering mungkin berkunjung ke perpustaakan.  Sebagai petugas perpustakaan hendaknya bisa melakukan Perencanaan Program seperti  Membuat program dan kegiatan perpustakaan serta melakukan evalusasi terhadap program dan layanan perpustakaan. 


“Saya tekannya kepada petugas perpustakaan bahwa mereka harus tahu tentang jumlah buku yang ada di perpustakan itu sendiri, mulai dari berapa macam jenis buku, berapa pengunjung perharinya, serta jumlah siswa yang  melakukan  peminjaman buku dan pengembalian buku.Selain itu, perlu juga diketahui jenis buku bacaan apa saja yang sering dibaca maupun dipinjam oleh siswa selama sebulan ataupun lebih”. Ujarnya,



Lebih lanjut, Peran petugas perpustakaan sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran, Mereka adalah jembatan antara pengguna dan informasi.Maka dari pada itu, pihaknya berharap para peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik, apalagi menyangkut dengan penggunaan teknologi harus benar-benar dipahami. 


Sementara itu, dari penjelasan dari perwakilan Penerbit Erlangga Ahmad Fatoni selaku Karep Singaraja menyampaikan bahwa sejatinya Pelatihan Pembuatan Program E-Library (Perpustakaan Digital) dan Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Digital sebagai media program di dalam mensupport guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang inovatif, aktif, interaktif dan praktis untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.


Lebih lanjut, Program E-Library berbasis web sedianya akan menjadi milik sekolah (tersedia custom logo dan nama sesuai sekolah/instansi) dan bisa digunakan oleh sekolah dengan dikelola admin petugas perpustakaan dalam memudahkan proses pinjam meminjam ebook erlangga yang tersedia di koleksi perpustakaan digital sekolah.


Perlu diketahui bersama bahwa kegiatan ini diikuti Koordinator OPS Gugus SD Se-Kabupaten  Buleleng berjumlah 72 Gugus. Sementara itu, untuk materi pelatihan yang diberikan kepada peserta adalah Pembuatan Program Perpustakaan Digital (E-Library), Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Digital (E-Library) dan  Pembelajaran Berdiferensiasi dengan waktu pelaksaan satu hari.


Dalam kegiatan ini turut hadir Rafika Zahraini Sebagai Editor Digital PT. Penerbit Erlangga   dan I Gede Gita Ansana selaku  Asistent Manager.