(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

TUMBUHKAN LITERASI, DISDIKPORA GELAR LOMBA CIPTA DAN BACA PUISI TINGKAT SMP SE- KABUPATEN BULELENG

Admin disdikpora | 28 Maret 2024 | 712 kali

TUMBUHKAN LITERASI, DISDIKPORA GELAR LOMBA CIPTA DAN BACA PUISI TINGKAT SMP SE- KABUPATEN BULELENG


Singaraja, Kamis 28 Maret 2024 | DISDIKTODAY

Pagi ini puluhan siswa SMP memadati Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja guna mengikuti Lomba Cipta dan Baca Puisi Serangkaian HUT Ke – 420 Kota Singaraja Tahun 2024.


“Secara umum, membaca puisi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan literasi anak. Dengan adanya lomba membaca puisi dapat meningkatkan gairah literasi anak didik kita agar lebih bersemangat lagi dalam menggalakkan literasi. Kegiatan lomba cipta dan baca puisi  tingkat SMP di Kabupaten Buleleng dapat menjadi awal dari sebuah perjalanan gerakan literasi."


Petikan kalimat diatas sebagian kecil sampaian Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd.,M.M. mewakil Penjabat Bupati Buleleng saat membuka secara resmi Lomba Cipta dan Baca Puisi Serangkaian HUT Ke – 420 Kota Singaraja Tahun 2024.


Lebih lanjut pihaknya menyampaikan bahwa “tentu kegiatan ini sebagai wadah untuk unjuk bakat seni pelajar. Bukan hanya itu saja, kegiatan ini sejalan dengan kurikulum merdeka tentang  kemampuan literasi dasar khususnya literasi baca tulis dan yang terpenting adalah  dengan membaca puisi kita memperkenalkan budaya literasi kepada siswa serta kedepan dirinya juga berpesan agar lomba dini dibagi menjadi dua antara lomba cipta dan lomba baca puisi entah diikuti siswa maupun guru SMP Se- Kabupaten Buleleng" jelas Kadisdikpora Buleleng.


Sejalan dengan hal tersebut, dari laporan Kabid Pembinaan Bidang SMP, Putu Primasuta, S.Sn, M.Pd., seklaigus sebagai Ketua Panitia menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini yang pertama meningkatkan literasi siswa serta mengembangkan potensi, minat dan bakat siswa pada kesusastraan.Kedua mengindentifikasi kemampuan siswa pada bidang puisi untuk persiapan diajang yang lebih tinggi serta mengimplementasikan rasa kebanggaan dan kecintaan pada Buleleng melalui puisi.


Sementara itu, kegiatan ini diikuti oleh 51 orang siswa dari 51 SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Buleleng yang nantinya akan dinilai oleh tim juri diantaranya dari Sonia Piscayanti, Made Adnyana Ole dan Sumarni Astuti.Untuk kriteria penilaan lomba Cipta Puisi adalah kesesuaian tema dengan isi dan Sistematika Penulisan (Pemilihan Kata, Gaya Bahasa, Kutuhan dan Keselarasan).Sedngakan untuk kroiteria penilaian Baca Puisi yaitu penghayatan, Keutuhan, Vocal dan Penampilan.Lebih lanjut, bagi para pememnag lomba akan diberikan Trophy dan Piagam penghargaan.