(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENYELARASAN RENCANA KERJA 2025, DISKOMINFOSANTI ADAKAN FORUM PERANGKAT DAERAH

Admin disdikpora | 21 Maret 2024 | 1292 kali

PENYELARASAN RENCANA KERJA 2025, DISKOMINFOSANTI ADAKAN FORUM PERANGKAT DAERAH


Singaraja, Kamis 21 Maret 2024 | DisdikToday


Seizin Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Sekretaris Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.,MAP didampingi Perencana Ahli Muda, Gede Wardana, S.Kom. menghadiri undangan forum perangkat daerah pada Kamis, 21 Maret 2024.


Gedung baru kominfosanti menjadi tempat dilaksanakannya FKP yang dipimpin Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan, SSTP.,M.M. Membuka acara, Kadis Suwarmawan menyebut tujuan pertemuan adalah dalam rangka menyerap aspirasi dan masukan stakeholder untuk mensinkronkan program-program diskominfosanti pada tahun 2025. Untuk itulah rapat ini mengundang perangkat daerah, perwakilan wartawan, media penyiaran dan mitra pembangunan lainnya. 


Lebih lanjut disampaikan Suwarmawan, bahwasanya rancangan rencana kerja diskominfosanti pada tahun 2025 sejalan dengan visi pembangunan daerah Kabupaten Buleleng tahun 2005-2025, dan juga selaras dengan misi, tujuan dan sasaran terkait dengan tugas pokok dan fungsi Diskominfosanti.


Berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai diskominfosanti yakni meningkatnya tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien dengan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik atau smart government. Untuk mewujudkan itu, berbagai upaya telah dilakukan diskominfosanti diantaranya memberikan layanan internet gratis (free wifi) dengan memasang access point di setiap desa/kelurahan dan juga desa adat, tempat wisata, serta tempat-tempat vital lainnya di Kabupaten Buleleng. Selain itu, banyaknya aplikasi pemerintahan yang dikelola diskominfosanti semakin mendekatkan Buleleng menuju Smart City. Namun seperti saran yang disampaikan Bappeda, aplikasi-aplikasi yang ada saat ini cenderung berdiri sendiri, tidak terintegrasi. Harapannya ke depan, aplikasinya terintegrasi yang dapat digunakan seluruh perangkat daerah dengan satu server terpusat di gedung Buleleng Command Center (BCC).


Pada kesempatan diskusi, sekretaris disdikpora Surya Bharata menyampaikan persoalan-persoalan pendidikan yang membutuhkan dukungan semua pihak termasuk kolaborasi dengan diskominfosanti. Pasalnya, dunia pendidikan di Buleleng saat ini sedang menuju arah digitalisasi sesuai kebijakan Merdeka Belajar.