(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG GELAR SOSIALISASI PROGRAM ORGANISASI PENGGERAK JENJANG SMP

Admin disdikpora | 11 Oktober 2021 | 213 kali

DISDIKPORA BULELENG GELAR SOSIALISASI PROGRAM ORGANISASI PENGGERAK JENJANG SMP


Singaraja, Senin 11 Oktober 2021 l DISDIKTODAY

Dalam rangka pelaksanaan Program Organisasi Penggerak (POP) jenjang SMP di Kabupaten Buleleng, maka hari ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng mengundang 20 SMP Negeri untuk mengikuti sosialisasi Program Organisasi Penggerak (POP) dari mitra Kemdikbudristek, yaitu Yayasan Pelita Semesta. 


Pada pertemuan kali ini seijin Kadisdikpora Buleleng, kegiatan dipimpin oleh Sekretaris Dinas, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S. Pd, M. A. P didampingi Kabid Pembinaan SMP,  I Nyoman Sutama, S. Pd, M. Pd  menyimak pemaparan tentang apa itu Program Organisasi Penggerak yang disampaikan oleh Ketua Yayasan Pelita Semesta, I Putu Eka Wilantara, M. Pd bersama Pendamping Lapangan POP, I Nyoman Rauh, S. Pd, M. Pd.


Program Organisasi Penggerak secara umum adalah program pemberdayaan masyarakat secara masif melalui dukungan pemerintah untuk peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah berdasarkan model-model pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Program ini merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar Episode 4 mengenai Program Organisasi Penggerak.


Pertemuan ini juga diisi dengan sesi diskusi dengan kesimpulan akan dilakukan reviu terkait dengan calon sekolah sasaran penerima program agar tidak tumpang tindih dengan pelaksana Program Sekolah Penggerak nantinya.


Perlu diketahui bersama juga untuk Program Organisasi Penggerak ini merupakan program gotong royong dalam bidang pendidikan antara  Kemendikbudristek yang melibatkan organisasi masyarakat dan relawan pendidikan yang dapat ikut berpartisipasi untuk menciptakan sekolah-sekolah Penggerak di Indonesia.