(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG IKUTI WEBINAR " PENGENDALIAN GRATIFIKASI : MENCABUT AKAR KORUPSI "

Admin disdikpora | 30 November 2021 | 165 kali

DISDIKPORA  BULELENG IKUTI WEBINAR " PENGENDALIAN GRATIFIKASI : MENCABUT AKAR KORUPSI "  


Singaraja, Selasa 30 November 2021 l DISDIKTODAY


Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S. Pd, M. M. beserta jajaran lingkup Disdikpora Kabupaten Buleleng mengikuti webinar " Pengendalian Gratifikasi : Mencabut Akar Korupsi. bertempat di ruang rapat Kepala  Dinas, Selasa, 29/11/21.


Kegiatan webinar pengendalian gratifikasi ini diselenggarakan oleh KPK RI bertujuan untuk mengendalikan penerimaan gratifikasi melalui peningkatan pemahaman dan kesadaran pelaporan gratifikasi secara transparan 

dan akuntabel sesuai peraturan perundang-undangan.Pengendalian gratifikasi merupakan salah satu poin penilaian dalam Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas. 


Manfaat dalam pelaksanaan Pengendalian Gratifikasi  antara lain Manfaat Bagi Individu untuk Membentuk pegawai yang berintegritas dan Meningkatkan kesadaran pegawai untuk menolak gratifikasi.Manfaat Bagi Instansi  untuk Membentuk citra positif dan kredibilitas instansi dan Mendukung terciptanya lingkungan pengendalian yang kondusif dalam pencegahan korupsi.dan yang terakhir Manfaat Bagi Masyarakat  adalah Memperoleh layanan dengan baik tanpa memberikan gratifikasi maupun uang pelicin, suap dan pemerasan.


Secara garis besar, manfaat dari pelaksanaan Pengendalian Gratifikasi untuk, meningkatkan kepercayaan publik terhadap instansi pemerintahan yang ada. Hal ini sesuai dengan realita saat ini jika kita melihat masih rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja instansi-instansi pemerintah.


Pelaksanaan Pengendalian Gratifikasi melalui beberapa tahapan, terdapat empat tahapan utama dalam penerapan Pengendalian Gratifikasi, yaitu Komitmen dari pimpinan instansi, Penyusunan aturan Pengendalian Gratifikasi, Pembentukan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) dan Monitoring dan Evaluasi Pengendalian Gratifikasi.


Tahapan sangat berguna untuk membangun dasar yang kuat. Komitmen menjadi inti dari pelaksanaan Pengendalian Gratifikasi. Monitoring dan evaluasi tahapan akhir yang harus dilaksanakan guna untuk mendapatkan masukan dan menilai pelaksanaan pada instansi yang menerapkan Pengendalian Gratifikasi.


Peran pimpinan dalam menjalankan komitmen terkait hal ini sangat penting, karena pimpinan merupakan contoh dan teladan bagi para pegawai lain, adanya prinsip yang kuat dari seorang pemimpin untuk tidak melakukan gratifikasi maka akan ada dampakpositif yang ditimbulan jika setiap pegawai meneladani pimpinan tersebut. Peran pimpinan ini dikenal dengan istilah Tone from the top.