(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG APRESIASI “GELORA” SMP N 1 SINGARAJA TETAP DILAKSANAKAN DITENGAH PANDEMI

Admin disdikpora | 19 Februari 2021 | 144 kali

KADISDIKPORA BULELENG APRESIASI “GELORA” SMP N 1 SINGARAJA TETAP DILAKSANAKAN DITENGAH PANDEMI

Singaraja, Jumat, 19 Februari 2021 | DISDIKTODAY
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M secara resmi membuka kegiatan Gebyar Lomba Mata Pelajaran atau yang sering disebut GELORA tahun 2021 bertempat di SMP N 1 Singaraja, Jumat, 19/2/21.

Saat memberikan sambutan, Kepala Disdikpora Buleleng menyampaikan bahwa Pademi covid-19 tidak menghalangi aktivitas berjalan dengan baik salah satunya dengan tetap diadakannya GELORA oleh SMP N 1 Singaraja secara digital.Siswa-siswi kita bekerja dari rumah didampingi orang tuanya, dimasa pandemi peserta yang turut mendaftar ada empat Mapel yang dilombakan diantaranya, Matematika, Bahasa Inggris, IPA dan IPS.Tiga mapel pelaksanaannya melalui CBT (komputer maupun android), sedangkan bahasa inggris dilakukan secara video.

“Harapan kita orang tua cukup mendampingi, sehingga nilai yang akan rekap hari ini akan diumumkan juga hari ini.Didalam kondisi ini menurut pandangan Kadisdikpora Kabupaten Buleleng berpendapat bahwa SMP N 1 Singaraja sudah cukup cermat melaksanakan kegiatan ini tentu dengan prokes pencegahan covid-19 dengan tidak melakukan pertemuan tatap muka.” Jelas Kadisdikpora Buleleng.

Sementara itu, untuk mencari kemurnian prestasi siswa nantinya akan diundang 10 peserta untuk mengikuti final.Pelaksanaannya sendiri juga akan mengunaakan tiga ruangan dengan pemenuhan prokes.Hasil dari pada kegiatan ini menjadi kesepakatan bersama bahwa pada saat PPDB, SMP N 1 Singaraja menggunakan jalur prestasi . Siswa yang berprestasi akan mendapatkan golden tiket untuk masuk ke sekolah ini,bukan hanya itu saja Piala bergilir dari Bupati Buleleng sebagai sebuah penghargaan sudah disiapkan.Terakhir Kadisdikpora mengucapkan selamat mengikuti kegiatan ini , semoga bisa memberikan manfaat yang baik bagi peningkatan prestasi dan kualitas pendidikan di Kabupaten Buleleng.

Di satu sisi, Kepala SMP N 1 Singaraja, Dra. Ni Putu Karnadhi, M.Si mengungkapkan bahwa GELORA ke 14 di tahun 2021 ini memang dirasa berbeda dengan sistem CBT.Sistem CBT merupakan aplikasi agar tetap menerapkan kejujuran dan menjaga integritas dari para peserta.Peserta yang ikut merupakan siswa Kelas 6 jenjang Sekolah Dasar dengan total peserta sebanyak 146 orang dengan rincian IPA: 54 orang, IPS :35 orang, dan Bahasa Inggris: 30 orang dan pelaksanaan lomba dilaksanakan secara daring.

Dengan menggunakan system CBT dalam lomba GELORA tahun ini ada sebuah penanaman karakter yang menumbuhkan rasa integritas dan kejujuran pada para peserta dan memang salah satu tujuan bahwa seperti inilah calon siswa yang akan masuk ke SMP N 1 Singaraja.