(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PULUHAN GURU SMP BULELENG IKUTI PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL KECERDASAN BUATAN (AI)

Admin disdikpora | 27 Agustus 2024 | 723 kali

PULUHAN GURU SMP BULELENG IKUTI PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL KECERDASAN BUATAN (AI)


Singaraja, Selasa 27 Agustus 2024 l DISIDKTODAY

Pembelajaran berbasis AI dapat membantu siswa dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.


Selain itu, AI juga dapat membantu guru dalam memberikan umpan balik pembelajaran dan memberikan rekomendasi materi yang perlu dipelajari kembali.


Dari laporan Kasi Peserta Didik dan Kurikulum SMP, I Nyoman Yasa, S.Pd., M.M. menyampaikan bahwa  tujuan diselenggarakannya pelatihan ini agar guru-guru bisa menyusun modul ajar berbasis AI sehingga dapat digunakan sebagai media dalam melaksanakan pembelajaran.Sementara itu,  Peserta pelatihan terdiri dari 71 orang guru yang berasal dari SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Buleleleng. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari, tanggal 27 sampai dengan 29 Agustus 2024 yang bertempat di SMKN 2 Singaraja


Lebih lanjut untuk materi yang diterapkan ada beberapa modul diantaranya  Modul 1 Pengenalan Kecerdasan Buatan (definisi, sejarah, contoh penerapan), Modul 2: Konsep Dasar Pemrograman AI (algoritma, data, model), Modul 3: Penerapan AI dalam Kehidupan Sehari-hari (contoh proyek sederhana).


Metode Pelatihan yang digunakan seperti Ceramah, Diskusi, praktikum dan Studi kasus dengan melibatkan Fasilitator Pengawas SMP Drs. I Gst Agung Oka Yadnya, M.Pd, Ketut Andika Pradnyana, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Undiksha dan Kadek Teguh Dermawan, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Undiksha.


Melalui kegiatan ini peserta sudah bisa memahami materi yang disampaikan dan sudah dapat mempraktekkan secara langsung sehingga dapat membuat sebuah konten pembelajaran berbasis AI dan kedepan diharapkan agar pelatihan serupa dilaksanakan kembali sehingga dapat memaksimalkan kemampuan guru dalam menyusun modul pembelajaran berbasis AI