(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BUKA KEGIATAN DI SMP N 3 SERIRIT, KADISDIKPORA INGATKAN GURU MANFAATKAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR

Admin disdikpora | 08 November 2023 | 877 kali

BUKA KEGIATAN DI SMP N 3 SERIRIT, KADISDIKPORA INGATKAN GURU MANFAATKAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR 


Seririt, Rabu 8 November 2023 | DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd. ,M.M. berkesempatan membuka secara resmi kegiatan Peningkatan Kapasitas Guru Tentang Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) di SMP N 3 Seririt, Rabu (8/11).


Dalam sambutan dan arahannya, Kadisdikpora Astika menegaskan bahwa Guru harus memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar.PMM menyediakan banyak referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka, dalam fitur Mengajar, ada fitur Perangkat Ajar yang dapat digunakan oleh Guru dan Tenaga Kependidikan dalam mengembangkan diri.Dalam artian ekosistem PMM memudahkan para pendidik mengakses informasi, referensi, serta inspirasi.


“Kurikulum merdeka menurut versi saya ini yang terbaik, bagiamana tidak dengan adanya PMM dalam pengembangannya  diharapkan mampu menjadi partner guru dalam implementasi kurikulum merdeka dengan semangat kolaborasi dan saling berbagi. Konten konten yang dikembangkan oleh kemendikbudristek memberikan pemahaman lebih saat implementasi dan pembelajaran di satuan Pendidikan yang telah ikut serta dalam implementasi kurikulum merdeka.” Ungkapnya.


Lebih lanjut, guru juga harus memahami tiga out put dari Rapor pendidikan seperti  Literasi, numerasi dan Sikap atau karakter sampai dengan implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mempelajari isu-isu penting di sekitar. Penerapan P5 dapat menghasilkan siswa yang mandiri karena mereka diajarkan dan dilatih untuk mempersiapkan diri mereka untuk dunia kerja di masa depan. Mereka akan memperoleh keterampilan yang diperlukan dalam berbagai aspek seperti perencanaan, pemilihan, penganggaran, pengelolaan, dan lainnya. 

Ini akan memperkuat kompetensi siswa dan meningkatkan kesiapan mereka dalam menghadapi persaingan di dunia kerja. Selain itu, menerapkan P5 juga dapat merangsang kreativitas siswa karena mereka terbiasa mencari solusi untuk mengatasi masalah dengan cara yang lebih efektif dan efisien.


Terkait dengan Literasi dan Numerasi juga perlu mejadi perhatian.Metode Gasing salah satu solusi agar siswa lebih cepat berhitung. Saat ini pada jenjang SD Metode Gasing sudah berjalan, sedangkan untuk jenjang SMP juga akan dilaksanakan mengingat numerasi tamatan SD yang melanjutkan ke SMP masih ada yang kurang. 


Kepala SMP N 3 Seririt Ni Wayan Witrini, M.Pd., dalam sambutannya  menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya peningkatan mutu guru yang ada disekolah, walaupun dilihat dari raport pendidikan nilainya bagus, namun perlu digodok lagi. Kegiatan ini melibatkan guru – guru SMP N 3 Seririt dimulai dari tanggal 8 sampai dengan 11 November 2023. Dalam kegiatan ini hadir Pengawas Sekolah dan  Pengawas manajerial SMP N 3 Seririt.