(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG MENJADI SALAH SATU DAERAH CHAMPION

Admin disdikpora | 06 September 2024 | 811 kali

DISDIKPORA BULELENG MENJADI SALAH SATU DAERAH CHAMPION                                                                                                                                                                                 


 Singaraja, Jumat, 6 September  2024  DISDIKTODAY                                                          

Dalam rangka mendorong daerah mengimplementasikan program digitalisasi dalam pembelajaran, akan dilaksanakan program Daerah Champion sebagai bentuk apresiasi bagi daerah yang sudah berkomitmen mendukung program Kemendikbudristek terkait transformasi digital untuk pembelajaran di daerahnya. 


Oleh karena itu, PDM-03B melalui Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan melakukan Visitasi Identifikasi kebutuhan dan Asesmen Daerah Champion sebagai dasar pelaksanaan pendampingan serta penetapan daerah sebagai Daerah Champion.                       


Kunjungan dari Direktorat PAUD disambut baik oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Made Astika, S.Pd.M.M dan Kabid Pembinaan PAUD-PNF Komang Sudarsana, S.Pd.M.Pd. Tim PDM-03B Direktorat PAUD,Ditjen Paud Dikdasmen kemdikbud Ristek Jakarta diantaranya Iwan Setiawan dan Yusuf Andrian, Tim PDM-03B dari BPMP Prov.bali Dewi Oktori menyampaikan untuk melakukan wawancara dengan Tim PemanTIk, Kunjungan ke SMP N 1 Sukasada sebagai KSRG, TK N Banjar Tegal dan TK Pelita Kasih. dalam Kunjungan ke Satuan Pendidikan didampingi oleh Tim PemanTIK Kabupaten Buleleng adalah Eka Titi Suryani, SP.M.Pd, Ketut Yudhi Maharta, S.TI, Putu Yudi Darmawan, S.Pd. dan  Kadek Hendra Adi Kusuma, A.Md. Sebagai Daerah Champions  Transformasi Digital harapannya adalah Akses Layanan Publik yang Lebih Mudah,  Peningkatan Kualitas Pendidikan yakni Penggunaan teknologi dalam pendidikan membuka akses belajar yang lebih luas dan fleksibel.                                                                                                                                                     Meskipun harapannya besar, daerah champions juga menghadapi tantangan seperti: Digital Divide: Kesenjangan digital antara masyarakat urban dan rural. Keterbatasan Infrastruktur: Keterbatasan infrastruktur telekomunikasi di beberapa Desa. Sumber Daya Manusia: Kurangnya tenaga kerja yang memiliki kompetensi digital. Untuk mengatasi tantangan tersebut, maka diperlukan upaya kolaboratif antara pemerintah, swasta, dan masyarakat.