(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PERSIAPAN LOMBA CERDAS CERMAT SUSASTRA BALI TINGKAT PROVINSI

Admin disdikpora | 28 Maret 2022 | 461 kali

PERSIAPAN LOMBA CERDAS CERMAT SUSASTRA BALI TINGKAT PROVINSI 

Senin, 28 Maret 2022 | DISDIKTODAY

Pagi ini Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M berkesempatan memberikan arahan terkait adanya Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widyatarka) Susastra Bali Tahun 2022 yang di selenggarakan oleh DPD PDI Perjuangan dengan mengundang para Pembina LCC dari jenjang SD, SMP dan SMA/SMK bertempat di Aula Dinas, Senin 28/3/22.


Selanjutnya, Kadisdikpora berharap para Pembina LCC di sekolah yang nantinya mewakili Buleleng bisa mempersiapkan diri secara maksimal, sehingga apa yang menjadi harapan kita bisa membuahkan prestasi yang membanggakan bagi Buleleng.  Tujuan dari lomba tersebut merupakan implementasi Visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” dari Gubernur Bali dimaksudkan untuk meningkatkan literasi generasi muda Bali dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi, yaitu berkualitas dan berintegritas: bermutu, profesional dan bermoral, serta memiliki jati diri kokoh yang dikembangkan berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Krama Bali yang terkandung dalam bahasa, aksara, dan sastra Bali.


Sementara itu, Anak Agung Ngurah Adhi Ardhana selaku  Koordinator Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widyatarka) Susastra Bali Tahun 2022 menjelaskan bahwa  Lomba Cerdas Cermat ini merupakan rangkaian HUT PDI Perjuangan ke – 49 Tahun. Kegiatan ini akan diikuti oleh siswa/siswi Sekolah Dasar (SD) Kelas V, siswa/siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII, dan siswa/siswi Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) Kelas XI di wilayah Provinsi Bali. Setiap kabupaten mengirimkan peserta terdiri atas 3 (tiga) regu untuk jenjang SD; 3 (tiga) regu untuk jenjang SMP; dan 3 (tiga) regu untuk jenjang SMA/SMK. Pelaksanaan LCC ini dilakukan melalui tiga tahap penyisihan berdasarkan pembagian grup perkabupaten di Bali yang sudah di jadwalkan oleh pihak panitia bertempat di Aula Kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali.



Babak Penyisihan dilaksanakan setiap Sabtu mulai 2 April 2022 dst. pada pkl 11.00—12.00 wita untuk katagori SD; pkl. 13.00—14.00 wita untuk katagori SMP; dan pkl 15.00—16.00 wita untuk katagori SMA/SMK,  Jika ada group memiliki nilai tertinggi sama dari hasil babak penyisihan lebih dari 3 group akan diadakan babak perpanjangan waktu guna mendapatkan 3 group dengan nilai tertinggi untuk masuk ke babak final untuk semua tingkat (SD, SMP, SMA/SMK) , Babak perpanjangan waktu dilaksanakan sebelum babak final , Babak Final dilaksanakan 1 Juni 2022 dan tempat pelaksanaan Lomba Cerdas Cermat (Widyatarka) Susastra Bali 2022 di Aula Kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali. 


Untuk koordinasi lebit lanjut akan dikawal oleh Kabid Pembinaan SMP, Putu Primasurta, S.Sn. Perwakilan Sekolah di Kabupaten Buleleng yang akan mengikuti seleksi LCC Suastra Bali untuk mewakili DPC PDI Perjuangan Kabupaten Buleleng yaitu untuk tingkat SD dari SDN 1 Tejakula, SDN 3 Sukasada, SDN 1 Dencarik, untuk tingkat SMP dari SMPN 4 Singaraja, SMPN4 Sawan, SMPN 1 Banjar, dan untuk tingkat SMA/SMK yaitu dari SMAN 1 Singaraja , SMAN 4 Singaraja, dan SMKN 1 Singaraja.