(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RATUSAN PELAJAR BULELENG IKUTI TALENT IDENTIFICATION CABOR ATLETIK

Admin disdikpora | 16 November 2023 | 888 kali

RATUSAN PELAJAR BULELENG IKUTI TALENT IDENTIFICATION CABOR ATLETIK


Singaraja, Kamis 16 November 2023 l DISDIKTODAY

Selama tiga hari kedepan sampai tanggal 18 November 2023, Ratusan pelajar jenjang SMP Buleleng mengikuti Talent Identification Cabor Atletik di Gor Bhuana Patra, Kamis, (16/11).


Mewakili Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng kegiatan secara resmi dibuka Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A.P. didampingi Kabid Pembinaan Pemuda Olahraga, Putu Pasek Sujendra, S.Pd., Subkor Pembibitan dan Prestasi Olahraga, Nyoman Omy Anggreni, S.Sos, M.A.P,  Sekum Koni Buleleng, I Wayan Merta, S.Pd, M.Pd.


Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng berharapan melalui Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemenpora bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng serta Koni Kabupaten Buleleng ini menjadi langkah awal pemerintah daerah untuk membina dan mengarahkan bakat anak-anak kota pekalongan untuk kedepan dapat berkiprah di bidang olahraga yang sesuai dengan bakat masing-masing.


Sementara itu, Bambang Siswanto, S.Pd., M.Pd., selaku PJ Pemanduan Bakat dan Identifikasi Bakat menyampaikan bahwa Kemenpora saat ini sedang melakukan pengembangan atlet dengan progres pelatihan jangka panjang. Identifikasi ini bertujuan untuk melihat dan mencetak atlet-atlet baru untuk nantinya dapat berprestasi di daerah, provinsi, nasional, bahkan sampai internasional.


Lebih lanjut, kegiatan secara teknis diisi oleh instruktur pusat diantaranya  Wenny D Pangerapan selaku Staf Asdep Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi dan Dr. Budi Aryanto, Dr. Sujarwo, Dr. Ernawan dari Dosen Universitas Negeri Yogyakarta.


Identifikasi bakat ini diikuti 300 pelajar usia 12 sampai dengan 15 tahun ( jenjang SMP). Cara identifikasinya, dengan menggunakan 10 item bidang olahraga yang, yang catatan capaian siswa dan siswi ini akan diinput, selanjutnya data yang keluar dijadikan patokan di kategori mana pelajar akan dibina. Selain siswa, ada 20 orang trainer terdiri dari 10 dari PASI ( Persatuan Atletik Seluruh Indonesia ) Kabupaten Buleleng dan 10 orang dari Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Kabupaten Buleleng.