(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

TINGKATKAN MUTU GURU DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Admin disdikpora | 09 Februari 2023 | 352 kali

TINGKATKAN MUTU GURU DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS 


KAMIS, 9 FEBRUARI 2023 | DISDIKTODAY


Pagi ini, Mewakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A.P menghadiri dan memberikan seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru-guru di SMP N 4 Singaraja tahun 2023 bertempat Di SMP N 4 Singaraja(9/2/23).


Sekretaris Disdikpora Buleleng menyampaikan Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu elemen penting dalam upaya meningkatkan kualitas belajar siswa. 


 Apabila guru, menemukan sesuatu yang mempengaruhi siswa dan berlanjut, guru  harus segera menemukan solusi untuk masalah tersebut, salah satu cara untuk menemukan pemecahan masalah adalah dengan melakukan penelitian di kelas  (PTK Guru).


Tujuan dalam PTK untuk Memperbaiki pola mengajar guru, Memperbaiki perilaku siswa, Meningkatkan praktik pembelajaran, Mengubah kerangka kerja guru dalam mengajar sehingga terjadi peningkatan pelayanan profesional guru.


Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas di bantu oleh pengawas managerial di Disdikpora agar kegiatan belajar mengajar lebih terarah dan juga materi pembelajaran diberikan agar mudah dipahami oleh siswa.


Hal ini akan memberikan dampak yang baik untuk meningkatkan mutu di bidang akademik dan karir guru di lingkup satuan pendidikan. 


Harapannya, dalam PTK ini pembelajaran di kelas bisa sejalan dengan perkembangan zaman di era digitalisasi , hal ini akan sangat mempermudah guru untuk melaksanakan PTK di kelas khususnya sasaran ke siswa.


Kegiatan ini diikuti oleh guru pengajar di lingkup SMP N 4 Singaraja.