(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PELATIHAN "DIGITAR PUBLIC RELATIONS" GTA PUSDIKLAT KOMINFO RI BERAKHIR HARI INI

Admin disdikpora | 11 November 2022 | 69 kali

PELATIHAN "DIGITAR PUBLIC RELATIONS"  GTA PUSDIKLAT KOMINFO RI BERAKHIR HARI INI


Singaraja, Jumat 11 November 2022 l DISDIKTODAY

Pemerintah Daerah melalui Diskominfosanti Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan Pusdiklat Kominfo RI menggelar  Pelatihan Government Tranformation Academy (GTA) dengan tema Digital Public Relations (DPR) bertempat di hotel Puri Saron Lovina. 


Pelatihan yang diikuti oleh ASN dan Non ASN lingkup OPD Buleleng serta Pemerintah kecamatan di wilayah Kabupaten Buleleng.Salah satunya peserta dari Disdikpora Kabupaten Buleleng mengikuti pelatihan DPR. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 7 sampai dengan 11 November 2022.Ada beberapa Materi yang  disampaikan oleh Donum Theo dan Drs. Josep J darmawan, M.A  diantaranya materi Penerapan Pengelolaan Konten di Media Digital Berbasis Tools, Memahami Pengukuran dan Analisis di Media , Menyusun Rencana Program & Anggaran Komunikasi Kehumasan dan di hari terakhir Seminar Rencana Program & Anggaran Komunikasi Kehumasan yang diisi oleh para peserta pelatihan. 


Dalam kegiatan ini 40 peserta dibagi menjadi 8 kelompok untuk selanjutnya bekerja sama untuk menyelesaikan tugas kelompok.Anggota yang berbeda-beda institusi memerlukan kerja team dan komunikasi yang baik diantara anggota kelompok. Diskusi yang hangat terjadi diantara pemateri dan peserta pelatihan yang memiliki pengalaman dan referensi, serta tupoksi yang berbeda-beda. 


Kedepan para peserta Digitalisasi Public relation diharapkan mampu mempublikasikan program kedinasan melalui pendekatan informal, yang dilihat dari proses media relations. Pemilihan konsep yang digunakan dalam penelitian ini, disesuaikan dengan tujuan penelitian, yang akhirnya dipilihlah konsep proses media relations yang terdiri dari perencanaan, implementasi dan evaluasi. 


Dikutip dari website Kementerian Kominfo RI disampaikan bahwa pelatihan Government Transformation Academy (GTA) bertujuan meningkatkan kompetensi 20.000 ASN dalam mendukung akselerasi transformasi digital di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/D). Lebih lanjut dijelaskan bahwa tema pelatihan pada program GTA dirancang dari tingkat basic skill yang berkaitan dengan literasi digital, intermediate skill yang menekankan peningkatan kompetensi teknis, hingga advance skill yang menyasar ke para pengambil keputusan.