(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PKBM WIDYA AKSARA RAIH JUARA HARAPAN II TINGKAT NASIONAL DALAM AJANG FESTIVAL PENDIDIKAN KESETARAAN

Admin disdikpora | 01 September 2021 | 277 kali

PKBM WIDYA AKSARA RAIH JUARA HARAPAN II TINGKAT NASIONAL DALAM AJANG FESTIVAL PENDIDIKAN KESETARAAN

.

Singaraja, Rabu 1 September 2021 l DISDIKTODAY

 

PKBM Widya Aksara Kabupaten Buleleng berhasil memperoleh juara harapan 2 ditingkat nasional dalam acara Festival Pendidikan Kesetaraan (Festival Setara) dengan tema "Melalui Hari Aksara Internasional, Wujudkan Pendidikan Kesetaraan Berkualitas dan Bermartabat”.

 

 

Festival ini digelar oleh Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus - Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kemdikbudristek dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) Tahun 202. 

 

 

Ni Putu Ayu Hervina Sanjayanti, M.Pd  selaku Ketua Yayasan PKBM Widya Aksara dan juga sebagai Dosen Undiksha saat dihubungi via telepon oleh tim redaksi Disdiktoday mengungkapkan bahwa Perasaan kami tentunya senang sekaligus bangga dapat membawa nama baik Kabupaten dan Provinsi di tingkat Nasional. Namun kami akan berjuang tidak sampai disini saja, tapi terus berjuang memajukan PNF Buleleng

 

Perlu diketahui bersama PKBM Widya Aksara lolos dalam kategori pembuatan video produk akademik .Adapun jumlah  12 kategori yang diikuti diantaranya :  Logo,  Essay siswa, Mars kesetaraan, Video alumni terbaik,  Video produk KWU, PKBM berprestasi, Video siswa inspiratif

, Video PKBM bermitra, Video inovasi TIK, Mars setara daring, video dokumenter dan, video produk akdemik.

 

 

Kreatifitas yang diangkat dalam mengikuti lomba ini adalah kreatifitas akademik berbasis kearifan lokal setempat, yakni mengajarkan calistung dengan kegiatan keseharian masyarakat. Dengan menganyam dan membuat huruf dari anyaman otomatis warga belajar akan langsung menerapkan calistung yakni membaca huruf/nama dari anyaman yang dibuat dan menghitung helaian anyaman.

 

 

Selain itu, Ibu Hervina juga menceritakan bahwa ada tantangan dalam pembuatan video ini seperti halnya di karena di masa pandemi untuk mengumpulkan warga belajar agak susah, namun karena antusias mereka mk semua berjaln dengan baik.Terakhir adapun pesan yang disampaikan agar PKBM lain kedepanya bisa ikut meramaikn festival dengan mengikuti seluruh ktegori. Harapan saya pribadi selaku ketua PKBM adalah agar kedepannya PKBm Widya Aksara tetap meningkatkan eksistensinya sehingga berkelanjutan dalam memajukan PNF di Buleleng.