(0362) 22442 disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
SOSIALISASI AKREDITASI BAN PAUD DAN PNF PROVINSI BALI TAHUN 2021
Admin disdikpora | 10 Juni 2021 | Dibaca 43 kali

SOSIALISASI AKREDITASI BAN PAUD DAN PNF PROVINSI BALI TAHUN 2021

 

Buleleng, Kamis, 10 Juni 2021 l DISDIKTODAY

 

Mewakili Kadisdikpora Buleleng, hari ini Kabid PAUD dan PNF, Dra. Ni Nengah Pujiani, M. A. P membuka secara resmi  Sosialisasi Akreditasi BAN PAUD dan PNF  Provinsi Bali didampingi Kasi Sarpras PAUD dan PNF, Nyoman Widiari, S.E.

 

Dalam penyampaian arahan dan sambutan Kadisdikpora Buleleng dapat di sampaikan bahwa kondisi di kabupaten Buleleng masih ada lembaga yang belum terakreditasi. Ketika ada Sosialisasi dengan BAN PAUD dan PNF Provinsi Bali diharapkan bisa peserta bisa memahami terkait informasi kebijakan dan mekanisme BAN PAUD dan PNF kepada pemangku pendidikan,  mengerti  tentang pelaksanaan akreditasi dan penjaminan mutu PAUD dan PNF, dan yang terakhir bisa mempraktekan SISPENA 3.1 sebagai aplikasi pendukung dalam akreditasi  satuan PAUD dan PKBM. 

 

 

Perlu diketahui bersama bahwa, setelah melakukan moratoriaum akreditasi  pada tahun 2020, BAN PAUD dan PNF ditahun 2021 kembali mengadakan akreditasi terhadap satuan PAUD dan PKBM. Satuan PAUD dan PKBM yang menjadi sasaran akreditasi diharuskan untuk mengisi Penilaian Prasyarat Akreditasi ( PPA). Untuk menjadikan  suksesnya pelaksanaan akreditasi ditahun ini, maka BAN  PAUD dan PNF menyelenggarakan sosialisasi akreditasi. Kegiatan ini dilaksanakan di setiap BAN PAUD Provinsi Bali bekerjasama dengan mitra terkait di daerah. 

 

Kegiatan ini dirasa penting karena sebagai bagian strategi dari BAN PAUD dan PNF Provinsi Bali untuk memenuhi kuota yang ditetapkan dalam akreditasi  tahun 2021.Dalam kegiatan sosialisasi ini secara langsung melatih satuan Pendidikan PAUD maupun PKBM untuk mengisi penilaian prasyarat akreditasi sebagai persyaratan mengikuti akreditasi.Pengisian PPA ini sangat menentukan kelayakan satuan Pendidikan untuk mengikuti visitasi. 

 

Adapun Tujuan dari Sosialisasi ini adalah memberikan informasi kebijakan dan mekanisme BAN PAUD dan PNF kepada pemangku pendidikan,  memberikan informasi pelaksanaan akreditasi dan penjaminan mutu PAUD dan PNF, dan yang terakhir mengenalkan dan mempraktekan SISPENA 3.1  sebagai aplikasi pendukung dalam akreditasi  satuan PAUD dan PKBM. 

 

Sementara itu jumlah peserta adalah sebanyak 78 orang terdiri dari satuan PAUD dan PKBM sebanyak 65 orang, Organisasi mitra 4 orang,  PKG 2 orang, Asesor 4 orang dan dari Disdikpora Kabupaten Buleleng berjumlah 3 orang dilaksanakan selama 1 hari bertempat di Aula TK Dana Punia. 

 

Selanjutnya kegiatan diisi dengan beberapa pemaparan  diantaranya Kebijakan  dan Mekanisme akreditasi PAUD dan PNF tahun 2021 oleh Anggota BAN PAUD dan PNF Provinsi Bali, Pemutakhiran Data Dapodik disampaikan oleh Operator Dapodik Disdikpora Kabupaten Buleleng, ketiga pemaparan sosialisasi PPA satuan PAUD dan PNF melalui Aplikasi Sispena 3.1 oleh Asesor BAN PAUD dan PNF dan Simulasi pengisian PPA melalui Aplikasi Sispena 3.1.

Share Berita Ini :