(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG BUKA BIMTEK PERENCANAAN BERBASIS (PBD) PAUD DAN PNF

Admin disdikpora | 01 September 2022 | 354 kali

KADISDIKPORA BULELENG BUKA BIMTEK PERENCANAAN BERBASIS (PBD) PAUD DAN PNF 


Singaraja, Kamis 1 September 2022 l DISDIKTODAY

Pagi ini Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S. Pd, M. M hadir guna membuka secara resmi kegiatan Bimtek Perencanaan Berbasis  Data (PBS) Pendidikan Anak Usia Dini  Kabupaten Buleleng bertempat di Aula Korwil Disdikpora Kabupaten Buleleng, Kamis, 1/9/22.


Dalam sambutan dan arahan Kepala Disdikpora Made Astika dapat disampaikan bahwa  Perencanaan Berbasis Data Pendidikan Anak  merupakan bagian dari proses Evaluasi Sistem Pendidikan untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan Evaluasi Sistem Pendidikan telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 57 tahun 2021. Evaluasi Sistem Pendidikan bertujuan untuk mengevaluasi kualitas dan pemerataan layanan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.Lebih lanjut, Perencanaan Berbasis Data (PBD) merupakan perubahan kebiasaan untuk mendorong satuan pendidikan dan Pemerintah Daerah menyusun kegiatan peningkatan capaian pembelajaran berdasarkan data dan fakta. 


Secara umum kegiatan ini diharapkan nantinya bagaimana satuan PAUD dalam melakukan evaluasi diri dan mengidentifikasi permasalahan, melakukan refleksi dari sebuah permaslaan dan membenahinya melalui program dan kegiatan di Satuan PAUD dalam bentuk Rencana Kegiatan Tahunan (RKT). Dari keseluruhan kebutuhan satuan PAUD untuk menjawab berbagai  permasalahan yang dihadapi dapat dipetakan berbagai program salah satunya lebih cermat dalam penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan (RKAS). Keseluruhan rangkaian pada proses PBD ini dapat menjadi solusi bagi Satuan PAUD untuk mencapai perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.



Sebelumnya, dari pembacaan laporan Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Ni Ketut Santrini, S. Sos dapat disampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melakukan bimbingan kepada PKG untuk diimbaskan dan diimplementasikan kepada satuan Pendidikan di wilayah masing - masing agar dapat memberikan layanan PAUD berkualitas melalui evaluasi penyelengaraan program di tahun ajaran sebelumnya dan perubahan prilaku perencanaan perbaikan perbelanjaan anggaran yang efektif serta akuntabel di tingkat satuan Pendidikan. 


Sementara itu, peserta yang ikut sebanyak 39 orang terdiri dari Tim PBD PAUD dan PNF Kabupaten Buleleng, Ketua PKG Se-Kabupaten Buleleng dan Koordinator Gugus masing - masing kecamatan. Serta menghadirkan Fasilitatir PSP angkatan 2 sebagai pemateri. Turut hadir widya prada ahli muda /koordinasi subtansi peserta didik PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, S.P, M.Pd, Kasi Kurikulum PAUD dan PNF, Komang Sudarsana, M. Pd dan Kasi Sarpras PAUD dan PNF, Nyoman Widiari, S. E. 


Semoga melalui kegiatan bimtek ini bisa memberikan pemahaman tentang rapor dan profil pendidikan, melatih peserta membuat perencanaan berbasis data, serta menggunakan rapor dan profil pendidikan sebagai dasar perencanaan dalam program dan anggaran, baik untuk satuan pendidikan.