(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA : GURU DIHARAPKAN MEMAHAMI KARAKTER PESERTA DIDIK DAN SIAP TEHADAP PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN

Admin disdikpora | 23 Mei 2022 | 478 kali

KADISDIKPORA : GURU DIHARAPKAN MEMAHAMI KARAKTER PESERTA DIDIK  DAN SIAP TEHADAP PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN

Banjar, Senin 23 Mei 2022 l DISDIKTODAY

Ucapan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S. Pd, M. M saat hadir membuka secara resmi kegiatan In House Training kurikulum merdeka bagi kepala sekolah dan guru mata pelajaran  SMP Se - Kecamatan Banjar bertempat di SMP N 1 Banjar, Senin, 23/5/22.


Kadisdikpora Made Astika saat memberikan sambutan juga berkesempatan memberikan araha  terkait dengan Kebijakan Disdikpora Kabupaten Buleleng tentang kurikulum merdeka di Kabupaten Buleleng.Untuk jenjang  SMP semua satuan Pendidikan melaksanakan Kurikulum merdeka, maka dari pada itu seluruh stakeholder Pendidikan harus memahami kurikulum tersebut.Kegiatan ini adalah sebuah upaya untuk mempersiapkan guru menyongsong tahun ajaran baru 2022/2023 dalam rangka implementasi kurikulum merdeka. 


Seusai membuka kegiatan, saat di wawancarai tim Disdiktoday tentang Mengapa Kegiatan ini dilaksanakan dan apa tujuannya, Kadisdikpora Made Astika, menyampaikan bahwa "untuk di kecamatan Banjar para kepala sekolah sudah sepakat melaksanakan implementasi kurikulum merdeka secara mandiri. Untuk itu ada kewajiban daripada kepala sekolah maupun satuan Pendidikan untuk melaksanakan IHT ini. 

Didalam IHT ini yang pertama, bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap kurikulum merdeka bagi sekolah.Yang kedua kesiapan guru dalam menyongsong tahun pelajaran baru 2022/2023 dalam rangka melaksanakan kurikulum merdeka.Ada tiga hal yang disampaikan diantaranya tugas guru mulai dari menyusun perangkat ajar penyesuaian pembelajaran dengan paradigma baru  dan yang ketiga asesmen. Tiga hal ini yang memang perlu disampaikan sehingga guru-guru sudah siap melaksanakan kurikulum merdeka sesuai dengan struktur kurikulum yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek nomor 56 tahun 2022." ucap Kadisdikpora Buleleng. 


Secara substansi persiapan guru mengacu kepada keputusan kepala Badan standar  kurikulum dan  asesmen. Hal ini akan di kaji  terkait dengan capaian - capaian , tujuan pembelajaran sampai dengan pembelajaran di satuan Pendidikan. Disdikpora Kabupaten Buleleng terus mendorong satuan - satuan Pendidikan untuk melaksanakan kurikulum merdeka tentunya di bantu oleh pembimbing maupun pelatih ahli yang sudah berkompeten di bidangnya. 



Guru juga diharapkan menyusun perangkat ajar dan merubah mindset pola mengajar dari konvensional ke paradigma baru. Bagaimana seorang guru harus memahami karakter peserta didiknya. Dengan memahami karakter peserta didik tentu akan lebih mudah untuk mewujudkan profil pelajar pancasila  sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif,


Sementara itu, dari laporan Kepala SMP N 1 Banjar,  Siti Aminah, S. Pd, melaporkan bahwa kegiatan In house training kurikulum  merdeka bagi kepala sekolah dan guru mata pelajaran SMP ini dilaksanakan dari hari senin 23 Mei samapai dengan 23  Mei 2022.Jumlah peserta yang hadir sebanyak 37 orang berasal dari empat sekolah diantaranya SMP N 1 Banjar, SMP N 3 Banjar, SMP Satap N 1 Banjar, SMP Satap N 2 Banjar dan SMP Satap N 3 Banjar.Tujuan dari kegiatan ini semakin memperkuat komitmen seluruh warga sekolah baik Pendidik dan Tenaga Pendidik untuk bersama sama meningkatkan kinerja, dan kompetesi serta kedisiplinan dan sekaligus penyusunan perangkat pembelajaran.