(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

WORKSHOP UJIAN BERBASIS KOMPUTER DARING DAN PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASESMEN ( UBKD ) JENJANG SMP TAHUN 2023

Admin disdikpora | 28 Maret 2023 | 620 kali

WORKSHOP UJIAN BERBASIS KOMPUTER DARING DAN PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASESMEN ( UBKD ) JENJANG SMP TAHUN 2023


Selasa, 28 Maret 2023 | DISDIKTODAY

Pelaksanaan Workshop Ujian Berbasis Komputer Daring dan Programme for International Student Asesmen ( UBKD ) jenjang SMP Tahun 2023, di buka secara resmi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Kabupaten Buleleng Made Astika,S.Pd, M.M. yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Kurikulum SMP, Ketut Suardika, S.H. didampingi Ketua MKKS SMP Kabupaten Buleleng Nyoman Armaja, S.Pd. M.Pd. di aula SMP N 1 Sukasada, Selasa, 28/3/23.


Dalam pembacaan sambutan Kepala Disdikpora kabupaten Buleleng dapat dijelaskan bahwa tujuan dari dilaksanakannya workshop ini agar guru-guru mampu membedah soal Literasi dan soal Numerasi serta mampu menguasai teknik Penyusunan soal standar Asesmen Kompetensi Minimum( AKM ). Selain itu, Peserta juga diharapkan Memahami konsep Asesmen Nasional, Memahami bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional, Menganalisis contoh asesmen literasi membaca pada Asesmen Kompetensi Minimum, Menganalisis contoh asesmen numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum, Membaca dan menindaklanjuti laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dan Melakukan pengimbasan dengan mengajak rekan guru yang lain untuk mengikuti program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum.


Selanjutnya, untuk pesertanya  sendiri adalah Ketua ANBK di masing - masing satuan pendidikan baik negeri maupun swasta berjumlah 70 orang, sedangkan anggaran berasal  dari kolaborasi Disdikpora Kabupaten Buleleng melalui DPA Tahun Anggaran 2023 pada seksi Kurikulum SMP dengan Dana BOS di masing-masing satuan pendidikan.


Workshop berlangsung selama 4 hari dari dimulai dari tanggal 28 sampai dengan  31 Maret 2023 dengan pemateri Drs. I Gusti Agung Oka Yadnya, M.Pd dan Putu Pararta, S.Pd, M.Pd dari Disdikpora Kabupaten Buleleng.Secara umum metari yang disampaikan antara lain kegunaan AKM, pengembangan soal AKM, ruang lingkup soal AKM, komponen soal AKM, contoh tema, bentuk soal AKM, dan diakhiri dengan memberikan contoh soal AKM. Tidak hanya pemaparan materi, narasumber juga membentuk tim diskusi untuk membuat contoh – contoh soal AKM agar para guru dapat mempraktekkan secara langsung terkait materi apa yang telah didapatkan.