(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KOORDINASI PELAKSANAAN PMO DAERAH MIDYEAR

Admin disdikpora | 14 Agustus 2024 | 687 kali

KOORDINASI PELAKSANAAN PMO DAERAH MIDYEAR


Jakarta, Rabu 14 Agustus 2024 | DISDIK TODAY

Dalam rangka refleksi dan evaluasi Pokja Manajemen Operasional (PMO) Daerah Program Sekolah Penggerak (PSP) yang sudah berjalan, Kemendikbudristek melalui PDM 01 menyelenggarakan kegiatan Koordinasi Pelaksanaan PMO level Daerah Midyear yang diampu Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus. Kegiatan Koordinasi yang berlangsung 12 – 14 Agustus 2024 di Jakarta diikuti 13 PMO daerah terpilih dari Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota dan BPMP Provinsi. 


Sebagaimana telah berjalan bahwa Program Sekolah Penggerak yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek sudah memasuki  pelaksaanaan tahun keempat. Dalam implementasinya, banyak tantangan dan kendala yang dihadapi. Namun dari perjalanan PSP sudah berhasil juga membawa perubahan lebih baik bagi satuan pendidikan penerima program ke arah sati sampai dua level peningkatan sesuai harapan standar yang ada. 


Salah satu faktor keberhasilan PSP adalah adanya koordinasi antar pemerintah daerah dan pemerintah pusat, antar satuan kerja, antar unit utama bahkan antar Kementerian/lembaga. Untuk mewujudkan kolaborasi tersebut, kemendikbudristek telah membentuk Pokja Manajemen Operasional (PMO) yang merupakan wadah kolaborasi untuk monitoring dan evaluasi pelaksanaan program kegiatan, serta mengelaborasi Solusi terhadap setiap permasalahan yang ada.


Sementara dalam arahannya saat pembukaan kegitaan Plt. Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Aswin Wihdiyanto, S.T.,M.A. meyampaikan koordinasi pelaksanaan PMO Daerah Midyear bertujuan selain mendeseminasi hasil refleksi pelaksanaan PMO pada semester satu juga melakukan koordinasi dan sinkrinisasi terhadap capaian program, berbagai praktek baik pelaksanaan PMO Daerah dan melakukan evaluasi serta refleksi terhadap pelaksanaan PMO Daerah. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pelaksanaan PMO mendatang dapat lebih efektif dan berdampak positif lebih optimal. Dalam kegiatan tersebut, PMO Daerah Kabupaten Buleleng seizin Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng dihadiri Sekretaris Dinas yang juga Ketua PMO Daerah Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.,MAP.