(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KWARRAN SUKADASA PASANGKAN JAWARA LT III KWARCAB BULELENG

Admin disdikpora | 12 November 2022 | 93 kali

KWARRAN SUKADASA PASANGKAN JAWARA LT III KWARCAB BULELENG



Buleleng, Sabtu 12 November 2022 l DISDIKTODAY 

Ketua Komisi Bina Muda Kwarcab Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S. Pd, M. A. P. yang juga selaku Sekdisdikpora Buleleng hadir guna melakukan penyematan 8 pramuka penggalang garuda yang merupakan peserta Jambore Nasional 2022.Selain penyematan, juga ditetapkan  hasil Lomba Tingkat III Regu Pramuka Penggalang Kwarcab Buleleng, bertempat di SMKN Bali Mandara, Sabtu 12 Nopember 2022.


Dari hasil penetapan hasil lomba dapat dijelaskan bahwa Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Sukasada mampu pasangkan Jawara Lomba Tingkat III Regu Pramuka Penggalang Kwarcab Buleleng, dimana Ragu Mawar dan Regu Elang dari SMPN 1 Sukasada masing-masing meraih Regu Berprestasi Tinggi. Sementara sebagai Regu Berprestasi Baik, untuk Regu Putra dan Regu Putri diraih Kwarran Buleleng, sedangkan Regu Putra dan Regu Putri Kwarran Sawan ditetapkan sebagai Regu Berprestasi Cukup.


Ketua Bina Muda, Surya Bharata mengungkapkan bahwa kegiatan yang digelar untuk pramuka penggalang tersebut merupakan agenda rutin dan telah diprogramkan secara berkelanjutan sebagai ajang evaluasi pembinaan pramuka di Kwarran dan gugus depan, sehingga hasil yang dicapai mampu menjadi pemacu dan pemicu untuk berprestasi.


"Kalian semua hebat, untuk yang jadi juara jangan jumawa, yang belum berhasil tetap berlatih dan semangat untuk peningkatan prestasiyang lebih gemilang di masa mendatang. Untuk adik-adik pramuka garuda yang tadi dilantik,kalian menjadi inspirasi di gugus depan, masyarakat, keluarga dan menjadi panutan bagi seluruh gerakan pramuka di Kabupaten Buleleng,” ungkap Surya Bharata yang juga selaku Sekretaris Disdikpora Buleleng.


Lebih lanjut, "  kegiatan LT III ini merupakan kegiatan pelatihan atau tingkat kompetisi bagi adik-adik penggalang itu perlu kita laksanakan berkelanjutan, program ini merupakan pencerminan pendidikan dari kegiatan-kegiatan pelatihan di satuan pendidikan atau gugus depan, hasil yang kita lihat sekarang ini merupakan cerminan bagaimana mekanisme atau proses pendidikan kepramukan di tingkat gugus depan atau satuan pendidikan,” ujar Surya Bharata.


Disisi lain, Sekdisdikpora Buleleng juga mengajak semua pihak, utamanya Jajaran Pengurus Pramuka di masing-masing kecamatan termasuk gugus depan disatuan pendidikan untuk mampu mengimplementasikan pendidikan ekstra kurikuler wajib kepramukaan.“Kita harapkan melalui ajang Lomba Tingkat III bisa merepleksikan  terkait dengan pendidikan latihan kepramukaan di tingkat satuan pendidikan, kami juga berharap kepada kakak-kakak Kwarran nantinya bisa mengkomunikasikan menjembatani juga terkait dengan implementasi Permendikbud tentang pendidikan ekstra kurikuler wajib kepramukaan agar nantinya bisa terimplementasi dengan baik,” tegasnya.


Sementara dari hasil pelaksanaan Lomba Tingkat III Regu Pramuka Penggalang Kwarcab Buleleng, Ragu Mawar dan Regu Elang dari SMPN 1 Sukasada yang masing-masing telah meraih sebagai Regu Berprestasi Tinggi akan mewakili Kwarcab Buleleng dalam ajang serupa ditingkat daerah melalui pelaksanaan Lomba Tingkat IV Daerah Bali yang akan berlangsung pada bulan maret 2023.