(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

COACHING CLINIC KE PEMERINTAH DAERAH, PENYUSUNAN REKOMENDASI PENINGKATAN MUTU BERDASARKAN RAPOR PENDIDIKAN

Admin disdikpora | 28 April 2022 | 785 kali

COACHING CLINIC KE PEMERINTAH DAERAH, PENYUSUNAN REKOMENDASI PENINGKATAN MUTU BERDASARKAN RAPOR PENDIDIKAN


Denpasar, 28 April 2022 | Disdik Today


Rapor Pendidikan Indonesia: Identifikasi, Refleksi, Benahi!, episode ke-19 Program Merdeka Belajar Kemdikbud. Data rapor pendidikan digunakan sebagai indikator kinerja pemda di bidang pendidikan, sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 59 Tahun 2021 tentang SPM. Platform ini dirancang untuk memudahkan kepala satuan pendidikan dan dinas pendidikan dalam memetakan kondisi pendidikan di daerah sehingga dapat menyusun rencana perbaikan secara lebih tepat dan berbasis data.


Tindak lanjut hal tersebut, LPMP Provinsi Bali kembali mengundang tim penjaminan mutu pendidikan daerah yang dikemas dalam kegiatan Coaching Clinic ke Pemerintah Daerah, Penyusunan Rekomendasi Peningkatan Mutu Berdasarkan Rapor Pendidikan. Kegiatan kali ini adalah serangkaian kegiatan serupa yang telah dilaksanakan pada tanggal 4-6 April 2022. Tujuannya adalah penyusunan rekomendasi peningkatan mutu pendidikan bagi satuan pendidikan kepada pemerintah daerah hasil dari analisis rapor pendidikan tahun 2021 yang selanjutnya diformulasikan ke dalam rancangan program kegiatan tahun 2023. 


Bali Dynasty Resort Kuta dipilih menjadi tempat penyelenggaraan yg berlangsung mulai Selasa, 26-28 April 2022. Rakor tiga hari ini dibuka Kepala Disdikpora Provinsi Bali ini, Dr. KN Boy Jayawibawa, M.Si., pengarahan oleh Kepala LPMP Provinsi Bali, I Made Alit Dwitama, S.T.,M.Pd. yang mengajak seluruh peserta berkomitmen untuk bersama-sama mengupayakan keberhasilan kegiatan sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing.


Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd.,M.M. selaku penanggung jawab tim penjaminan mutu pendidikan daerah menugaskan sekretaris dinas/ketua TPMPD Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.,MAP. didampingi tim fasilitasi dinas Dra. Made Sri Suparmi; Putu Primasuta, S.Sn.; Gede Wardana, S.Kom., bersama tim pemetaan dari unsur pengawas, Drs. I Gede Duniawan, M.Pd.; I Made Pasek, M.Pd.; Wayan Duduk, M.Pd.; Made Sudarma, S.Pd.B. beserta operator rapor pendidikan Kadek Hendra Adi Kusuma, A.Md. dan perwakilan Bappeda Kabupaten Buleleng Gde Angga Pratangga, S.T.,MAP.


Untuk optimalnya pelaksanaan kegiatan, rakor yang dibentuk dalam forum group discussion dengan kelas terpisah dipandu para narasumber dari widyaprada LPMP Bali. Outputnya, dokumen rekomendasi tim kabupaten agar segera menuangkan dalam bentuk buku yang nantinya disampaikan kepada LPMP, disdikpora provinsi, bappeda, serta laporan ke pemerintah pusat untuk mendapat perhatian intensif.


Pada hari ketiga sekaligus penutupan, Kepala Bappeda Provinsi Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra, S.Sos.,M.Si. berpesan agar semua pihak utamanya bappeda provinsi dan kabupaten untuk mengawal serius rekomendasi hingga masuk dalam program prioritas tahun 2023.