(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RAPAT KOORDINASI PENYELENGGARAAN BIMTEK SPAB KABUPATEN BULELENG

Admin disdikpora | 02 September 2021 | 252 kali

RAPAT KOORDINASI PENYELENGGARAAN BIMTEK SPAB KABUPATEN BULELENG

 

Singaraja, Kamis 2 September 2021 l DISDIKTODAY

Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M. Pd, secara resmi membuka Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Bimtek SPAB Kabupaten Buleleng, Kamis, 2/9/21 bertempat di ruang Kepala  Dinas. 

 

Sekda Buleleng seusai membuka acara menyampaikan bahwa rakor SPAB ini jika dilihat secara umum memang penting, bagaimana cara memberi kan pemahaman maupun mengedukasi sekolah untuk melakukan mitigasi terhadap bencana khusunya dalam mencetak fasilitator daerah yang nantinya akan menjadi tutor ke Sekolah - sekolah Selain itu, masukan untuk BNPB

supaya menentukan orang yang siap untuk melaksanakan tugas ini secara full time dan menentukan satuan pendidikan yang menjadi sasaran program ini. 

 

Sementara itu, Meilina Wulandari selaku Analis Kebijakan Ahli Madya Bencana dari Badan Nasional Penanggulangan  Bencana memaparkan materi tentang penyelrnggaraan bimtek SPAB dimulai dari latar belakang, sasaran, tempat pelaksanaan serta program kegiatan selama bimtek berlangsung nantinya. 

 

Tujuan Bimtek SPAB ini adalah yang pertama mencetak fasilitator daerah agar memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang manajemen bencana, yang kedua mencetak fasilitator daerah agar memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang implementasi bencana dan yang terakhir mencetak fasilitator daerah yang berkomitmen  melakukan implementasi SPAB di Satuan Pendidikan. 

 

Selanjutnya, dalam materi paparan tersebut rencana pelaksanaan bimtek mengambil minggu ke 3 pada bulan September menyangkut tentang  pemahaman teori dan praktek.Untuk jumlah peserta sebanyak 40 orang terdiri dari 20 guru dan kepala sekolah serta 20 lainnya dari pejabat/pegawai dinas, pengurus yayasan, pengurus lembaga dan praktisi bencana. Sementara materi yang akan di sampaikan adalah kebijakan SPAB, Konseptual,penerapan SPAB dan metode penulisan.Untuk kegiatan prakteknya akan dilaksanakan di Satuan Pendidikan tentu dengan protap yang ketat. 

 

Disisi lain, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S. Pd, M. M menjelaskan bahwa untuk persiapan praktek dikarenakan  SPAB 

diberlakukan untuk semua jenjang, maka yang menjadi sasaran semua Satuan Pendidikan mulai dari TK, SD, SMP maupun SMA dan SMK yang dalam hal ini masih dalam kewenangan Provinsi Bali. 

 

 

Kedepan diharapkan untuk bimtek SPAB ini tetap di terapkan oleh Satuan Pendidikan  agar ada pemahaman dan pengertian dalam menanggulangi bencana alam maupun non alam. Pelaksanaan prakteknya kali ini akan menyasar Satuan Pendidikan terdekat pada jenjang SMP dikarenakan memiliki lahan luas serta untuk SMA dan SMK tentu  berkoordinasi  Disdikpora Provinsi Bali. Praktek ini juga nantinya melihat kebijakan dari pusat maupun daerah terkait perkembangan level di tingkat kabupaten. 

 

 

Dalam kegiatan ini turut hadir BPBD Provinsi Bali, Kalak BPBD Kabupaten Buleleng, Pramuka, PMI dan Dinas terkait yang berhubungan dengan kegiatan bimtek SPAB ini.