(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG HADIRI BIMTEK PENDAMPINGAN SEKOLAH TAHUN 2024 REGIONAL 1

Admin disdikpora | 24 April 2024 | 1239 kali

DISDIKPORA BULELENG HADIRI BIMTEK PENDAMPINGAN SEKOLAH TAHUN 2024 REGIONAL 1

Jakarta, Rabu 24 April 2024 

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng dalam hal ini Widya Prada  Ahli Muda, Subkor Peserta Didik PAUD dan PNF Eka Titi Suryani, SP., M.Pd.,  mewakili Bapak Plt. Kabid PAUD PNF,  Pelaksana pada Bidang Pembinaan GTK mewakili Plt. Kabid Bidang GTK dan Koordinator Tim Teknis Asesmen Nasional mewakili  Kabid Pembinaan SD untuk menghadiri Kegiatan Bimbingan Teknis Pendampingan Sekolah 2024 Regional 1  bertempat di Hotel Novotel Gajah Mada  Jakarta Barat tanggal 22 sampai dengan 24 April 2024.


Pembukaan kegiatan di buka oleh Direktur Sekolah Menengah Atas Kemendikbudristek Winner Jihad Akbar, S.Si., M.Ak.Dalam kesempatan tersebut dirinya menyampaikan bahwa Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini yang berkolaborasi secara intensif dan teknis bersama seluruh Direktorat lain untuk melaksanakan kegiatan rapat koordinasi Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data untuk Transformasi Satuan Pendidikan. Kegiatan Bimbingan teknis ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang komprehensif serta teknis tentang bagaimana mencapai sekolah yang berkualitas, memanfaatkan PBD dan Rapor Pendidikan untuk mendudkung layanan yang berkualitas, serta pelaksanaan identifikasi, refleksi, benahi perencanaan, benahi implementasi yang dapat dilakukan Satuan Pendidikan dengan dukungan dan pendampingan oleh Dinas Pendidikan di daerah masing-masing. 


Adapun tujuan tujuan Kegiatan Bimbingan Teknis Pendampingan Sekolah yaitu memberikan pemahaman Kepada Dinas Pendidikan tentang bentuk sekolah berkualitas dan upaya peningkatan kualitas layanan pendidikan yang berkelanjutan sebagai strategi untuk mencapainya. Memberikan pemahaman kepada Dinas Pendidikan  tentang keselarasan visi sekolah berkualiras dengan intervensi Merdeka Belajar. Memberikan pemahaman kepada Dinas Pendidikan tentang membuat strategi pendampingan untuk satuan pendidikan dalam melakukan upaya peningkatan kualitas layanan pendidikan yang berkelanjutan.

                                                                                                                                                                    Dalam Kegiatan ini  disampaikan juga materi-mareri seperti Modul 1: Bagaimana kita memaknai sekolah yang berkualitas?, Modul 2: Bagaimana data dapat mendukung Sekolah untuk mewujudkan Sekolah yang berkualitas? Modul 3 : Bagaimana cara melakukan Identifikasi dan refleksi?, Modul 4 : Bagaimana cara melakukan Benahi Perencanaan?, Modul 5: Menyusun RKT dan RKAS Administrasi atau perbaikan layanan, Modul 6: Bagaimana menerapkan Benahi Implementasi? Dan Modul 7: Menyusun Rencana Tindaklanjut

                                                                                                                                                                    Dalam kesemptan pada saat Penyampaian Materi modul 1 s.d Modul 6 Disdikpora Kab.Buleleng secara aktif menyampaikan pemaparan hasil Diskusi  yang dilakukan secara  berkelompok. Rencana Tindak Lanjut Daerah juga telah diselesaikan, RTL dibuat berdasarkan data dan akan segera dilakukan bersama Tim Disdikpora untuk mewujudkan Sekolah yang berkualitas di Kabupaten Buleleng.