(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

GURU DIHARAPKAN KUASAI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI AGAR PEMBELAJARAN LEBIH MENARIK DAN BERVARIASI

Admin disdikpora | 12 November 2021 | 201 kali

GURU DIHARAPKAN KUASAI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI AGAR PEMBELAJARAN LEBIH  MENARIK DAN BERVARIASI


Singaraja, Jumat 12 November 2021 l DISDIKTODAY

Mewakili Kadisdikpora Buleleng, hari ini Sekretaris Disdikpora, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S. Pd, M. A. P membuka secara resmi Bimtek Penguatan Tim PKG SD Kecamatan Buleleng tahun 2021 bertempat di Korwil Disdikpora Kecamatan Buleleng, jumat 12/11/21.


Dalam penyampaian sambutan  dapat di jelaskan bahwa Masa pandemi virus korona memaksa dunia pendidikan di Indonesia harus dapat memaksimalkan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring hingga saat ini. Hal itu merupakan pengalaman baru, baik untuk siswa maupun guru untuk dapat beradaptasi dengan teknologi dan inovasi belajar.   Inovasi sudah sepatutnya dilakukan oleh seorang guru demi memenuhi kebutuhan siswa dan memperbaiki proses pembelajaran yang telah ada. Demikian juga dengan strategi, teknik dan metode yang digunakan oleh guru, strategi tentunya tidak selalu sama dalam setiap pertemuan sehingga diperlukan variasi dan kesesuaian dalam setiap penggunaan strategi yang diambil.


Guru diharapkan dapat meningkatkan kompetensi salah satunya dalam penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal ini diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien. Selain itu, semua satuan pendidikan juga diharapkan mengikuti Program Sekolah Penggeraknya (PSP) dan Program Organisasi Penggerak yang selama ini menjadi program unggulan dari Kemendikbudristek untuk mendukung  merdeka belajar dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. 


Disisi lain dari laporan ketua panitia melaporkan bahwa Penilaian Kinerja Guru dilaksanakan membantu guru menjadi guru yang profesional, yaitu guru yang mampu memberikan layanan Pendidikan kepada peserta didik melalui kegiatan pembelajaran dan pembimbingan yang berkualitas. Untuk meyakinkan bahwa setiap Guru adalah seorang profesional dalam bidangnya, maka PKG harus diberlakukan kepada semua Guru disetiap satuan Pendidikan dan dilaksanakan berkelanjutan dan teratur.


Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan informasi tentang pengelolaan penilaian kinerja Guru dan memberikan penguatan bahwa PKG merupakan suatu sistem penilaian kinerja yang berbasis fakta/data sebagai bukti kinerja guru.Sasaran kegiatan tentu ditujukan kepada Kepala Sekolah, Guru sebanyak 76 orang yang dibagi menjadi dua kelas diantaranya Buleleng satu dengan peserta sebanyak 41 orang dan Buleleng dia dengan peserta sebanyak 35 orang. Untuk tempat pelaksanaan bimtek ini dibagi menjadi dua diantara Kelas Buleleng satu terdiri dari gugus l s.d V di aula eks. UPP Buleleng dan kelas dua dari gugus VI s.d IX di SD N 5 Kampung Baru. 


Guna lebih memantapkan acara turut menghadirkan narasumber dari Tim Angka kredit Guru dan Pengawas Disdikpora Kabupaten Buleleng. Hasil yang diharapkan dengan terlaksananya Penilaian Kinerja Guru antara lain pengelolaan PKG sesuai standar sehingga hasil penilaian  kinerja Guru dapat dipertanggung jawabkan, peserta memahami informasi tentang pengelolaan PKG dan adanya pemahaman yang semakin kuat dari semua pihak bahwa PKG merupakan sistem penilaian kinerja yang berdasarkan fakta dan data sebagai bukti kinerja Guru. 


Dalam kegiatan  ini turut hadir Kasi GTK SD, Ketut Suardika, S. H, seluruh korwil Disdikpora kecamatan se- Kabupaten Buleleng serta undangan lainnya.