(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SERANGKAIAN HUT KE - 79 RI, PULUHAN ANAK ANTUSIAS IKUTI LOMBA TRADISIONAL GOBAK SODOR

Admin disdikpora | 13 Agustus 2024 | 311 kali

SERANGKAIAN HUT KE - 79 RI, PULUHAN ANAK ANTUSIAS IKUTI LOMBA TRADISIONAL GOBAK SODOR


Singaraja, Selasa 13 Agustus 2024 l DISDIKTODAY 

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke - 79 Republik Indonesia Tahun 2024, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga  (Disdikpora) Kabupaten Buleleng menggelar lomba permainan tradisional Gobak Sodor tingkat PAUD Se - Kabupaten Buleleng.Acara ini diadakan di lapangan Taman Kota Singaraja, Selasa (13/8) pagi.


Kegiatan ini secara resmi dibuka Penjabat Bupati Buleleng yang dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M..


Saat membacakan sambutan Penjabat Bupati Buleleng disampaikan bahwa lomba permainan tradisional ini adalah media untuk pelestarian budaya. Lebih lanjut, kegiatan ini salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan perkembangan anak dalam tatanan penyelenggaraan proses evaluasi dan pembelajaran yang telah dilaksanakan, melalui ajang Pembinaan Minat, Bakat, dan Kreatifitas Anak Usia Dini.


Permainan tradisional dalam Gobak Sodor perlu terus dilakukan dan dikenalkan kepada anak-anak karena semakin pesatnya perkembangan jaman yang sudah serba teknologi dan gadget maka anak-anak akan lupa dengan permainan tradisional mereka. 


"Saya mengajak semua komponen agar bersama- sama melestarikan lomba tradisional ini dalam artian disayangkan apabila anak-anak semakin melupakan permainan tradisional karena terdapat nilai-nilai luhur dalam setiap permainan tradisional yang selama ini sedikit terlupakan.Ini media untuk pelestarian budaya sebagaimana nenek moyang kita meninggalkan (mewariskan) permainan tradisional. Ini juga dalam rangka penguatan profil Pelajar Pancasila", ujarnya 


Sementara itu, laporan Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Komang Sudarsana, S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa tema pada lomba Tradisional Gobak Sodor ini adalah “Wujudkan Anak Sehat, Cerdas, Berbudaya Menyambut Nusantara Baru Menuju Indonesia Maju”.


Tujuan dari lomba tradisional Gobak Sodor adalah Meningkatkan kebugaran jasmani (fisik), Kesehatan mental (keceriaan, kegembiraan),Meningkatkan ketangkasan dan kekompakkan dan Melestarikan Permainan Tradisional. Sementara itu, kegiatan ini diikuti  9 peserta yang mana merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan, dengan setiap tim terdiri dari 6 orang, diantaranya 4 pemain inti dan 2 pemain cadangan.


Diakhir laporan, Kabid Sudarsana menyampaikan bahwa bagi para pemenang juara 1,2, dan 3 serta juara harapan 1, 2, dan 3  berhak memperoleh trophy dan uang pembinaan bersumber dari Anggaran APBD Kabupaten Buleleng Tahun 2024, melalui Dipa Disdikpora Kabupaten Buleleng.


Dalam kegiatan ini turut hadir, Kabid Pemuda dan Olahraga, Putu Pasek Sujendra, S.Pd., Kasi Kurikulum dan Peserta Didik PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, SP., M.P., Kasi Kelembagaan dan Sarpras PAUD dan PNF, Nyoman Widiari, S.E., Perwakilan Bunda Paud Kabupaten Buleleng Ny. Puji Astini Astika.