(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SINERGI DISDIKPORA BULELENG DENGAN KESBANGPOL GENCAR SOSIALISASIKAN SELEKSI PASKIBRAKA TAHUN 2023

Admin disdikpora | 23 Februari 2023 | 795 kali

SINERGI DISDIKPORA BULELENG DENGAN KESBANGPOL GENCAR  SOSIALISASIKAN SELEKSI PASKIBRAKA TAHUN 2023

Singaraja, Kamis 23 Februari 2023 | DISDIKTODAY

Pagi ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng melaksanakan  Sosialisasi Seleksi Paskibraka Kabupaten, Provinsi dan Nasional Tahun 2023. Sosialisasi ini gelar dalam rangka persiapan pelaksanaan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekan Republik Indonesia ke – 78 Tahun.


Kegiatan sosialisasi Paskibraka dibuka secara resmi oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, yang dalam hal ini diwakili Kabid Pembinaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Putu Pasek Sujendra, S.Pd, didampingi Subkor Pemuda, Trisnayanti.


Kabid Pembinaan Pemuda dan Olahraga saat memberikan pesan dari Kadisdikpora Buleleng menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk menunjang dan memberikan wawasan kepada pembina paskibra dan calon Paskibraka seperti apa kriteria yang harus dikirim untuk proses seleksi tingkat kabupaten, Provinsi, dan Nasional harus sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang telah diresmikan agar kami dari pihak Disdikpora Kabupaten  dapat memenuhi kriteria untuk tingkat kabupaten, Provinsi, dan Nasional.Untuk tahun ini dipastikan  personil Paskibraka terdiri dari Pasukan 17 / pengiring (pemandu), Pasukan 8 / pembawa bendera (inti), Pasukan 45/pengawal.


Perlu di ketahui bersama bahwa,   sebelumnya penanganan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dilakukan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng,  namun mulai tahun 2023 ini mulai dari seleksi hingga pembinaan diurus oleh Badan Kesbangpol kabupaten Buleleng.Hal ini tertuang di Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka berlaku untuk seluruh Kabupaten/kota dan Provinsi Se- Indonesia


Namun demikian, dikarenakan di tahun  2023 anggaran masih dikelola oleh Disdikpora Kabupaten Buleleng untuk Pelaksanaan seleksi Calon Paskibraka di tahun ini masih berada di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng bersinergi dan berkoordinasi dengan Kesbangpol Kabupaten Buleleng.Selanjutnya, untuk di tahun 2024 dari awal seleksi hingga pembinaan sepenuhnya berada di Kesbangpol Kabupaten Buleleng.


Mengambil tempat di Aula Disdikpora Kabupaten Buleleng, para Peserta yang terdiri dari 1 orang pembina Paskibraka dan 1 orang perwakilan siswa SMA dan SMK Se- Kabupaten Buleleng  hadir untuk mendengarkan penjelasan dari  Ni Nyoman Widiartami, S.H, M.A.P  selaku Kabid Pengembangan Nilai - Nilai Kebangsaan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buleleng mengenai Petunjuk Teknis Pembentukan Paskibraka Tahun 2023. Ditambahkan pula Program Paskibraka adalah Program Kaderisasi calon Pemimpin Bangsa Berkarakter Pancasila. Program Paskibraka yang tertuang dalam Peraturan Presiden bisa dijadikan sebagai sarana untuk mencetak calon-calon pemimpin berkarakter Pancasila yang memiliki kematangan intelektual, kreatif, percaya diri, inovatif, dan memiliki semangat pengabdian terhadap masyarakat, bangsa dan negara yang tinggi.


Sementara itu, tahapan penerimaan dan pendaftaran calon Paskibraka dapat dilakukan secara online melalui lama website Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di http://paskibraka.bpip.go.id dan materi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana ada tambahan  soal kesamaptaan dan ideologi. Aspek lainnya masih sama yakni soal kesehatan, psikotes, Pancasila dan wawasan kebangsaan.Ditambahkannya pula, hal lainnya yang berbeda dengan Paskibraka mulai tahun 2023 ini adalah Paskibraka akan bertugas mulai 17 Agustus hingga 1 Juni  sebagai hari lahirnya Pancasila. Sebelumnya, tugas mereka berakhir pada 18 Agustus.