(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG DORONG GURU TINGKATKAN LITERSI, NUMERASI DAN KARAKTEK

Admin disdikpora | 22 November 2023 | 1368 kali

KADISDIKPORA BULELENG DORONG GURU TINGKATKAN LITERSI, NUMERASI DAN KARAKTEK



Banjar, Selasa, 22 November 2023 | DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M. membuka secara resmi kegiatn Workshop Pengembangan Perangkat Assesmen Berbasis Literasi dan Numerasi ( berwawasan lingkungan hidup untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. di SMP N 1 Banjar, Selasa (21/11)


Saat memberikan sambutan dan arahan menyampaikan bahwa Keberadaan Rapor Pendidikan mengintegrasikan berbagai data pendidikan, terutama data Asesmen Nasional, menyajikan kondisi pendidikan. Indikatornya meliputi pengukuran kompetensi dasar literasi,  numerasi dan Sikap atau karakter serta kualitas pembelajaran.Maka dari pada itu,  Satuan Pendidikan menjadikan Rapor Pendidikan sebagai acuan dalam mengidentifikasi masalah, merefleksikan akarnya, dan membenahi kualitas pendidikan secara menyeluruh.


Strategi utama gerakan literasi dan numerasi di sekolah dapat diterapkan dalam lintas kurikulum. Literasi numerasi lintas kurikulum artinya sebuah pendekatan penerapan secara konsisten dan menyeluruh di sekolah untuk mendukung pengembangan literasi numerasi bagi setiap peserta didik.  


" Guru adalah pusat perubahan,  tidak ada pola pikir yang lama. Kolaborasi dan sinergi Satuan Pendidikan antara  komite warga sekolah, warga sekolah serta orang tua sangat diperlukan. Guru juga diharapkan tidak ada lagi yang bekerja secara kerja linear, guru harus lebih aktif dan tentunya lebih perduli dengan perkembangan anak didiknya." ungkapnya.



Lebih lanjut, Kadisdikpora Astika menyampaikan bahwa khusus untuk peningkatan numerasi, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng telah melaksanakan metode Gasing (Gampang, Asyik dan Menyenangnkan ) di jenjang SD dengan melibatkan 32 orang guru yang kini sudah menjadi trainer dan saat ini sedang melakukan pengimbasan di beberapa Satuan Pendidikan yang ada di Kecamatan Se- Kabupaten Buleleng.Sedangkan untuk jenjang SMP kegiatan serupa akan dilaksanakan setelah pengimbasan metode Gasing seselsai pada jenjang SD.Pelaksanan Numerasi ini juga berpengarug pada peningkatan PISA (Programme for International Student Assessment) di Indonesia.



Pihaknya menargetkan sampai dengan bulan Maret tahun 2024 dalam pengimbasan metode Gasing kepada anak-anak didik. Hal tersebut dikarenakan semua sekolah khususnya tingkat Sekolah Dasar (SD) sudah memiliki trainer. “Kedepannya, tahun 2024 siap diseminasi kepada seluruh peserta didik di sekolah dan Buleleng satu-satunya Kabupaten pertama  di Bali yang melaksanakan metode ini. Metode ini akan diterapkan untuk meningkatkan nilai numerasi dari anak-anak kita semua, sehingga kedepan bisa menuju Buleleng dueg ngitung.” tegasnya. 




Perlu diketahui bersama bahwa dari laporan Kepala SMPN 1 Banjar Siti Aminah, S. Pd, M. Pmenyampaikan bahwa kgeitaan ini diikuti oelhe seluruh guru SMP N 1 Banjar dari  tanggal 21 sampai dengan 24 November 2023 dengan tujuan seluruh guru memahami dan mengerti bagaimana cara mengembangkan Perangkat Assesmen Berbasis Literasi dan Numerasi di lingkungan Sekolah.Semntera itu untuk pemberin materi diisi oleh Drs. I Nyoman Darta, M.Pd sebagai narasumber.