(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BANK DUNIA RENCANA KUNJUNGI BULELENG TERKAIT PELAKSANAAN METODE GASING

Admin disdikpora | 12 Januari 2024 | 1489 kali

BANK DUNIA RENCANA KUNJUNGI BULELENG TERKAIT PELAKSANAAN METODE GASING

Gerokgak, Jumat 12 Januari 2024 | DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd.M.M   berkesempatan bertemu dengan guru-guru di Kecamatan Gerokgak.Pertemuan yang dilaksanakan di SD N 3 Sanggalangit, Jumat (12/1) bertujuan untuk memberikan arahan terkait  dengan rencana  kunjungan Bank Dunia ke Kabupaten Buleleng terhadap pelaksanan metode Gasing. 


Dalam arahannya, Kadis Astika menyampaikan bahwa atas permintaan Bank Dunia akan diambil 10 sekolah  di Buleleng dan 9 diantaranya dari kecamatan Gerokgak .Kenapa di Kecamatan Gerokgak? Karena selama ini banyak satuan pendidikan di Kecamatan Gerokgak dalam implementasi metode Gasing telah tuntas dilaksanakan.


Lebih lanjut,  untuk dikecamatan Gerokgak penerapan metode Gasing  ( Gampang, Asyik dan Menyenangkan) sudah tuntas dalam  mencetak  trainer guru di setiap satuan pendidikan. “Metode Gasing memiliki ciri Gaduh dan Bising dalam artian ketika terjadi pembelajaran seperti itu kepala sekolah tidak perlu panik karena itu semua merupakan proses dari pembelajaran Gasing.Kecepatan pembelajaran berhitung melalui Metode Gasing yang dikembangkan oleh Prof. Yohanes benar-benar mengubah pandangan anak-anak yang sebelumnya takut pada matematika dan berhitung,menjadi senang.” Pungkas Kadisdikpora Buleleng.



Perlu diketahui bersama bahwa, Kabupaten Buleleng  salah satu dari 6 Kabupaten ada diseluruh Indonesia dan satu-satunya Kabupaten di Provinsi Bali yang akan dinilai oleh Bank Dunia pada bulan februari. Lebih lanjut, ada 25 negara yang meminta Indonesia agar berhitung cepat dengan metode Gasing ini tuntas dilaksanakan.Maka daripada itu, Kadisdikpora Buleleng menyampaikan agar mempersiapkan trainer-trainer dan segala halnya dengan baik agar disaat penilaian berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan bersama.


Hal ini seiring dengan pemberitaan diberbagai media social  bahwa apresiasi dan pengakuan internasional menunjukkan keberhasilan Metode Gasing dalam meningkatkan pemahaman numerasi siswa di Indonesia dan dampak positif yang telah dihasilkannya. Bank Dunia menunjukkan minat yang kuat untuk mengimplementasikan Metode Gasing dalam negara-negara yang memiliki tingkat kemampuan numerasi yang rendah.


 Dalam kegiatan ini turut hadir Korwil Disdikpora Kecamatan Gerokgak, Putu Suardika.M.Pd. dan K3S  Kecamatan Gerokgak, Putu Darwata S.Pd.