(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG IKUTI RAPAT KOORDINASI PERENCANAAN BERBASIS DATA PENDIDIKAN MASYARAKAT DAN PENDIDIKAN KHUSUS ANGKATAN V

Admin disdikpora | 05 November 2023 | 865 kali

DISDIKPORA BULELENG IKUTI RAPAT KOORDINASI PERENCANAAN BERBASIS DATA PENDIDIKAN MASYARAKAT DAN PENDIDIKAN KHUSUS   ANGKATAN V

 

Badung, Minggu 5 November 2023 l DISDIKTODAY

Dalam rangka mendorong akselerasi perencanaan berbasis data sebagai langkah transformasi pendidikan Kesetaraan  untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan PBD Kesetaraan. Partisipasi seluruh satuan pendidikan kesetaraan dalam pelaksanaan evaluasi sistem pendidikan kesetaraan  secara internal sangat penting untuk meningkatkan kualitas layanan Pendidikan Kesetaraan Paket A, Paket B dan Paket C secara umum. Diharapkan ditahun 2023 Pendidikan Kesetaran  melakukan PBD melalui platform Rapor Pendidikan.


Terkait hal tersebut, seijin Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Widya Prada Ahli Muda, Subkor Peserta Didik PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, S.P., M.Pd, ditugaskan menghadiri Kegiatan Rapat Koordinasi  Perencanaan Berbasis Data Angkatan V bertempat di Discovery Kartika Plaza Hotel, Kuta Selatan - Badung - Bali dari tanggal 02 sampai dengan 05 November 2023.


Kegiatan di buka secara resmi oleh Ketua Pokja Pendidikan Kesetaraan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Secara umum, semua pihak  mendukung pelaksanaan pengisian Perencanaan Berbasis Data, Satuan pendidikan untuk mengisi lembar Perencanaan Berbasis Data yang dapat diunduh pada Platform Rapor Pendidikan. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng melalui Bidang  Pembinaan PAUD-PNF, Subtansi Peserta didik PAUD PNF melakukan Pengimbasan PBD pada SPNF SKB dan PKBM se Kabupaten Buleleng.


Maria Theresia dan Yusuf Fisal Martak menjelaskan, Perencanaan Berbasis Data (PBD) merupakan suatu bentuk evaluasi internal oleh satuan pendidikan kesetaraan melalui langkah Identifikasi, Refleksi dan Benahi (IRB) dengan memanfaatkan data profil pendidikan yang terdapat dalam platform rapor pendidikan. Melalui PBD diharapkan satuan Pendidikan Kesetaraan  dapat melakukan perencanaan program dan anggaran secara efektif, efesien dan akuntabel berdasarkan profil satuan Pendidikan Kesetaraan. 


Sementara itu, untuk lebih memantapkan kegiatan tersebut diperlukan sinergitas antara BPMP, BGP dan Dinas Pendidikan untuk  Penyusunan Rencana Tindak Lanjut.


Pada sesi diskusi Arkas dan Markas perwakilan Disdikpora Kabupaten Buleleng Sering memberikan informasi praktek Baik dan menyampaikan presentasi cara pengisian PBD dengan menggunakan cara ke dua dengan baik,  sehingga pada acara penutupan  mendapatkan kehormatan untuk maju ke depan dan menerima hadiah berupa Kaos Merdeka Belajar. Rencana Tindak Lanjut juga telah diselesaikan lebih awal  dan akan segera ditindaklanjuti.