(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

JADI NARSUM FGD UNDIKSHA, KADIS ASTIKA BICARA SOAL ARAH PENDIDIKAN MASA DEPAN UNTUK PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR

Admin disdikpora | 03 Agustus 2024 | 1095 kali

JADI NARSUM FGD UNDIKSHA,  KADIS ASTIKA BICARA SOAL ARAH PENDIDIKAN MASA DEPAN UNTUK PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR


Badung, Jumat 3 Agustus 2024 l DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., menjadi narasumber dalam acara Focus Group Discussion " Evaluasi Praktik Lapangan untuk Lulusan Undiksha yang Kompetitif dan Berkarakter" bertempat di B Hotel, Jln. Sunset Road, Badung (3/7).


Dihadapan beberapa peserta yang terdiri dari Dosen Undiksha, Kadis Astika saat menyampaikan paparan tentang arah pendidikan masa depan untuk program asistensi mengajar khususnya di Kabupaten Buleleng.


Secara umum kegiatan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa secara kolaboratif dengan guru,  tutor, fasilitator, atau orang tua di satuan Pendidikan.Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat mengembangkan perspektif secara luas melalui interaksi secara langsung dengan warga sekolah dan berhadapan dengan permasalahan nyata di lapangan.   

 

Terlebih lagi, Program Asistensi Mengajar memberikan kesempatan  kepada mahasiswa untuk melihat, merasakan, dan menyelesaikan permasalahan pendidikan dengan menggunakan bekal keilmuan yang dimiliki.


"Asistensi mengajar memiliki potensi besar untuk membentuk masa depan pendidikan. Dengan terus beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi, asistensi mengajar dapat menjadi salah satu faktor kunci dalam menciptakan generasi penerus yang cerdas, kreatif, dan siap menghadapi tantangan masa depan". Ujarnya.


Sebelum mengakhiri acara, kegiatan diisi dengan tanya jawab terkait kondisi Guru, sekolah dan tantangan serta perkembangan Pendidikan di Kabupaten Buleleng.


Perlu diketahui bersama bahwa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) melalui Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) melaksanakan evaluasi terhadap praktik lapangan bagi mahasiswa sebagai landasan untuk merancang program ke depan dalam rangka mewujudkan lulusan yang kompetitif dan berkarakter.


Evaluasi ini dilakukan untuk program Praktik Lapangan Persekolahan (PLP) dan Magang Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) tahun 2024 yang telah berakhir. Secara umum pelaksanaan dua program ini telah berjalan dengan baik dan lancar. Meski demikian, menurutnya tetap penting dilakukan evaluasi sebagai upaya untuk mewujudkan pelaksanaan program yang semakin