(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PERSIAPAN PPDB 2024, DISDIKPORA UNDANG SEKOLAH SWASTA

Admin disdikpora | 26 Maret 2024 | 1230 kali

PERSIAPAN PPDB 2024, DISDIKPORA UNDANG SEKOLAH SWASTA


Singaraja, Selasa 26 Maret 2024 | DisdikToday


Memasuki proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng mengundang sekolah swasta jenjang SMP di Kabupaten Buleleng untuk pertemuan tatap muka, bercerita pengalaman tahun-tahun terakhir dalam proses PPDB serta memberi usulan dalam menghadapi PPDB pada tahun 2024 ini.


Rapat dilaksanakan pada Selasa, 26 Maret 2024 bertempat di ruang rapat Disdikpora Buleleng.


Seizin Kepala Disdikpora, Sekretaris Dinas, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.,MAP memimpin rapat yang dalam pendahuluannya menyampaikan bahwa aturan PPDB pada tahun ini mengalami perubahan dengan terbitnya Kepsesjen Kemendikbudristek Nomor 47/M/2023 tentang pedoman pelaksanaan PPDB sebagai penyempurnaan Permendikbudristek Nomor 1 Tahun 2021. 


Selain itu, dengan pertemuan ini, sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah melalui disdikpora mempertahankan eksistensi sekolah swasta di tengah keprihatinan makin enggannya orangtua-orangtua menyekolahkan anaknya di sekolah swasta. 


Untuk menyuseskan PPDB, kata Sekdis Gus Surya, perlu keterlibatkan sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat untuk ketercukupan daya tampung lulusan. Baginya, peran sekolah swasta sangat penting sebagai salah satu indikator ukuran keberhasilan pendidikan di Kabupaten Buleleng.


Melalui pertemuan ini, kepala sekolah diberikan waktu menyampaikan kondisi, permasalahan dan juga strategi-strategi yang diambil untuk keberlangsungan operasional sekolah. Miris sekali memang, apa yang diungkapkan mereka, menurutnya, dengan alokasi dana BOS, belum cukup membiayai kegiatan sekolah selama setahun.


Gus Surya yang juga selaku Ketua Panitia PPDB Kabupaten, menitip pesan agar sekolah swasta tidak lelah untuk berpacu membenahi diri menjadi lebih baik. "Tingkatkan kualitas, naikkan nilai plus, buat inovasi untuk menarik minat orangtua calon siswa," tutupnya mengakhiri pertemuan.


Rapat ini dihadiri juga oleh Kabid Pembinaan SMP, Putu Primasuta, M.Pd., Perencana Ahli Muda, Gede Wardana, S.Kom., operator e-PPDB Kabupaten Buleleng serta 12 orang perwakilan SMP swasta.