(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SMP N 1 SINGARAJA JUARA 1 LOMBA TARI KREASI MODERN SERANGKAIAN HARDIKNAS TAHUN 2024

Admin disdikpora | 26 Mei 2024 | 1506 kali

SMP N 1 SINGARAJA JUARA 1 LOMBA TARI KREASI MODERN SERANGKAIAN HARDIKNAS TAHUN 2024


Singaraja, Minggu 26 Mei 2024 l DISDIKTODAY

SMP N 1 Singaraja berhasil meraih juara 1 Lomba Tari Kreasi Modern Tingkat SMP Se - Kabupaten Buleleng Tahun 2024 yang berlangsung di RTH Taman Bung Karno Singaraja, Minggu ( 26/5).


Tim tari SMP N 1 Singaraja menampilkan kreasi tari yang unik dengan mengangkat unsur budaya tradisional masyarakat Papua dan berhak membawa Trophy, Piagam serta Uang pembinaan sebesar dua belas juta rupiah.


Lomba tari Kreasi Modern Tingkat SMP Se - Kabupaten Buleleng berjumlah 11 ( Sebelas ) tim yang terdiri dari siswa /siswa Sekolah Menengah tingkat Pertama di Kabupaten Buleleng. Setiap tim menampilkan kreasi tari yang unik, memadukan elemen-elemen tradisional dan modern dengan sentuhan kreativitas yang memukau.


Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., saat  memberikan sambutan dan membuka secara resmi kegiatan ini mengucapkan apresiasi setinggi - tinggi kepada Sekolah, pembina maupun pelatih dan tentunya kepada seluruh peserta telah turut serta ikut dalam kegiatan Lomba tari Kreasi Modern Tingkat SMP Se - Kabupaten Buleleng serangkaian memperingati Hardiknas Tahun 2025.


Lebih lanjut, Kadis Astika mengatakan tak hanya sekedar menumbuhkan kreativitas pelajar dibidang olah tubuh, salah satu tujuan lomba tari kreasi yakni melestarikan kebudayaan tradisional Indonesia. Untuk menumbuhkan minat peserta, lomba seni tari tradisional dikolaborasikan dengan sentuhan mix modern.


“Melestarikan kesenian tradisional dikalangan remaja saat ini tidaklah mudah. Kesenian tradisional seringkali dianggap kuno dan tidak menarik. Karenanya pada perlombaan kali ini, kita sengaja mengemasnya dengan perpaduan mix modern dan tradisional. Disini peserta diberi kebebasan untuk menciptakan tari kreasi  dari kolaborasi keduanya” ungkap Astika di akhir acara.


Disisi lain, Kabid Pembinaan Pemuda dan Olahraga, Putu Pasek Sujendra, S.Pd., saat membacakan laporan kegiatan menyampaikan bahwa  kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan peringatan Hari  Pendidikan Nasional Tahun 2024. Selain itu lomba ini sebagai wujud  apresiasi dan peningkatan Kreatifitas Seni modern di  kalangan siswa/i tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Buleleng serta menggali potensi siswa di  bidang non akademik khususnya bidang seni. 


Setelah pengumuman juara, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang baik dari juara 1 sampai dengan juara  harapan 3. Turut hadir mendampingi Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.M., Subkor Pemuda, Trisnayanti, Subkor Pembibitan Prestasi Olahraga, Nyoman Omy Anggreni, S.Sos., M.A.P dan Kasi Kelembagaan Sarpras Pemuda Olahraga, Putu Kulawarma, S.Sos.


Dari hasil penilaian tim dewan juri, berikut nama- nama  juara Lomba Tari Kreasi Modern jenjang SMP Se - Kabupaten Buleleng : 

Juara I diraih SMP N 1 Singaraja mendapatkan Trophy dan uang pembinaan sebesar Rp. 12.000.000, 

Juara II diraih SMP N 1 Gerokgak mendapatkan Trophy dan uang pembinaan sebesar Rp. 11.000.000  

Juara III diraih SMP N 4 Singaraja mendapatkan Trophy dan uang  pembinaan sebesar Rp. 10.000.000.  

Juara Harapan I diraih SMP N 1 Banjar mendapatkan Trophy dan uang  pembinaan sebesar Rp. 9.000.000.  

Juara Harapan II SMP N 1 Seririt diraih mendapatkan Trophy dan uang  pembinaan sebesar Rp. 8.000.000.  

Juara Harapan III diraih SMP N 2 Banjar mendapatkan Trophy dan uang  pembinaan sebesar Rp. 7.000.000.