(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

APEL PAGI LINGKUP DISDIKPORA KABUPATEN BULELENG

Admin disdikpora | 29 Juli 2024 | 204 kali

Singaraja, 29 Juli 2024IDIDIKTODAY

Seijin Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd MM., Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Komang Sudarsana, S.Pd., M.Pd.sebagai Pembina upacara pada kegiatan apel pagi hari Senin 29 Juli 2024.

Apel pagi yang dilakukan secara rutin memiliki manfaat bagi kelancaran dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. Selain sebagai sarana bagi pimpinan memberikan pembinaan, arahan dan melakukan pengawasan, juga untuk menyampaikan berbagai informasi pelaksanaan program dan kegiatan.

Dalam kesempatan ini, pertama Kabid PAUD dan PNF menyampaikan hasil rapat Pengarustamaan Gender yang diikuti sebelumnya. Disampaikan bahwa kegiatan-kegiatan rapat yang diadakan Disdikpora, pembuatan daftar hadir agar memilah laki-laki dan perempuan untuk dasar pembuatan data terpilah. Data terpilah sebagai dasar yang  digunakan untuk menyusun dokumen perencanaan pengganggaran dan melengkapi dokumen penilaian Anugrah Parahita Ekapraya (APE).  Tujuan Penilaian ini untuk menggali sejauh mana pemahaman perangkat daerah tentang Pengarusutamaan Gender.

Lebih lanjut dijelaskan terdapat 3 Komponen dalam penilaian PUG yaitu: Pelembagaan PUG, Penyelenggaraan PUG dan Inovasi. Penilaian APE ini terbagi atas 4 kategori yaitu : Pratama, Madya, Utama dan Mentor. Diharapkan dalam ajang ini Kabupaten Buleleng meraih kategori madya, meningkat setelah tahun ini hanya ada pada kategori pratama. Upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan target tersebut adalah  melibatkan masyarakat termasuk organisasi perempuan dalam perencanaan dan pelaksanaan program kegiatan serta adanya mekanisme monitoring dan evaluasi yang terstruktur untuk program/kegiatan responsif gender.

Ia berharap Disdikpora Kabupaten Buleleng dapat menindaklanjuti hasil rapat ini dalam perencanaan dan penganggaran yang diperlukan dalam penilaian, sehingga target Kabupaten Buleleng memperoleh kategori madya di tahun berikutnya dapat tercapai.

Perlu diketahui bersama apel kerja ini diikuti oleh para Kabid, Kasi, Pejabat Fungsional, Staf ASN dan Non ASN lingkup kerja Disdikpora Kabupaten Buleleng.