(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KOORDINASI RENCANA PKS DISDIKPORA DENGAN SPN POLDA BALI

Admin disdikpora | 22 Februari 2022 | 235 kali

KOORDINASI RENCANA PKS DISDIKPORA DENGAN SPN POLDA BALI


Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, yang diwakili oleh Sekdisdikpora Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.AP memenuhi undangan Kepala SPN Polda Bali Kombes Pol Drs. I Nengah Subagia. Pertemuan yang bertempat di ruang rapat Kepala SPN  pada hari Selasa 22 Pebruari 2022 dipimpin langsung oleh Kepala SPN Polda Bali  bersama jajaran. 


Adapun hal penting yang dibicarakan adalah program kerjasama antara Disdikpora Kabupaten Buleleng dengan SPN Polda Bali terkait dengan sinergi program pendidikan yang nantinya bisa saling mendukung antara kedua belah pihak. Kombes Subagia menyampaikan bahwa terdapat program pembelajaran yang akan menerjunkan langsung siswa SPN ke lapangan sehingga mereka bisa memperoleh pengalaman dalam interaksi sosial masyarakat,  dan diharapkan kegiatan tersebut akan membawa dampak positif baik kepada masyarakat melalui satuan pendidikan maupun terhadap siswa itu sendiri. Pola pendidikan karakter yang dibangun terhadap siswa SPN selama di kampus secara langsung akan mereka implementasikan di lapangan. 


Sementara itu, Sekdisdikpora yang dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Kasi Kurikulum PAUD PNF, Komang Sudarsana, S.Pd menyambut baik apa yang disampaikan oleh Kepala SPN. Disampaikan bahwa program tersebut dapat segera dilaksanakan dengan menyasar satuan pendidikan di Kabupaten Buleleng. Tahap awal mungkin bisa menyasar satuan PAUD karena kebetulan dalam satuan ini juga terdapat program Kelas Inspirasi, yang biasanya satuan pendidikan mengundang orang tua siswa dari berbagai profesi termasuk Polisi untuk memberikan informasi dan pengetahuan awal terkait dengan profesi mereka. 


Disampaikan pula, bahwa satuan PAUD khususnya telah bersinergi dengan pihak terkait dalam satu kesatuan program PAUD Holistik Integratif, dimana pada program ini yang menjadi kebutuhan esensial anak akan dipenuhi secara bersama-sama, misalnya jika terkait dengan kesehatan akan ditangani oleh Dinas Kesehatan, begitu pula jika terkait dengan pencatatan identitas kependudukan maka akan difasilitasi oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, termasuk dari segi keamanan tentu akan melibatkan pihak Kapolisian baik melalui Polsek ataupun BABINKAMTIBMAS wilayah setempat. 


Disamping itu, revitaslisasi program Polisi Sahabat Anak juga menjadi atensi dalam rencana program kerjasama yang akan disusun dalam waktu dekat ini. 


Selanjutnya, pihak SPN Polda Bali di Singaraja dengan pihak Disdikpora Buleleng sepakat untuk membuat Perjanjian Kerjasama yang akan ditandatangani oleh kedua belah pihak sebagai tindak lanjut Nota Kesepahaman yang sudah ditandatangani antara Bupati Buleleng dengan Kepala SPN Polda Bali.