(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SOSIALISASI DARING UJI KOMPETENSI KENAIKAN JENJANG (UKKJ) JF GURU PERIODE I

Admin disdikpora | 07 Maret 2024 | 1168 kali

SOSIALISASI DARING UJI KOMPETENSI KENAIKAN JENJANG (UKKJ) JF GURU PERIODE I 


Singaraja, Kamis 7 Maret 2024 | DISDIKTODAY

Kamis, 7 Maret 2024, Bidang GTK Disdikpora Kabupaten Buleleng melaksanakan sosialisasi Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) JF Guru Periode I secara daring. Kegiatan ini diikuti oleh sasaran calon peserta yang sudah ditentukan oleh pusat dan diajukan untuk mengikuti UKKJ periode I. Sosialiasi ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) UKKJ yang dilaksanakan oleh BGP Provinsi Bali di Nirmala Hotel Convention Center, Denpasar tanggal 5 Maret 2024.


Uji Kompetensi merupakan proses pengukuran dan penilaian terhadap kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural dari seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki Jabatan Fungsional (JF), salah satunya Guru. Tujuannya adalah untuk mengukur dan menilai kesesuaian kompetensi yang dimiliki PNS yang akan diangkat ke dalam JF Guru. Pada tahun 2024, UKKJ akan dilaksanakan sebanyak 3 kali yaitu pada Bulan April, Agustus dan November.


Materi dibawakan oleh Kasi GTK SD, Ni Luh Putu Lasmini, S.H., M.Pd serta dihadiri pula oleh Subkoor GTK Paud & PNF, Ketut Suci Maryanti, S.E. Dalam paparannya, Kasi GTK SD menjelaskan mengenai teknis dan mekanisme UKKJ periode I yang rencananya akan berlangsung di Bulan April. Dijelaskan pula bahwa pada UKKJ kali ini, Disdikpora Kabupaten Buleleng akan menyediakan Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang terpusat, sehingga seluruh peserta akan mengikuti UKKJ di tempat yang sama di bawah pengawasan Disdikpora Kabupaten Buleleng. Selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab untuk memantapkan informasi yang didapat oleh calon peserta, kemudian dibuatkan pula Group Whatsapp yang nantinya akan menjadi wadah diskusi bagi peserta sampai UKKJ Periode I berakhir serta menyediakan layanan Help Desk di Bidang GTK sebagai bentuk pelayanan terhadap semua calon peserta. Melalui sosialisasi ini, diharapkan peserta memahami dengan baik informasi terkait UKKJ dan mendapat sertifikat lulus untuk digunakan dalam proses kenaikan jenjang.