(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RAPAT PERSIAPAN PENYELENGGARAAN UJIAN TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET A, B DAN C TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Admin disdikpora | 24 Februari 2021 | 521 kali

RAPAT PERSIAPAN PENYELENGGARAAN UJIAN TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET A, B DAN C TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Singaraja, Rabu 24 Februari 2021|DISDIKTODAY
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng ahri ini menggelar Rapat Persiapan Penyelenggaraan Ujian Tingkat Satuan Pendidikan Kesetaraan Paket A, B Dan C Tahun Pelajaran 2020/2021.Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kasi Kurikulum PAUD dan PNF, Komang Sudarsana, S.Pd mewakili Kabid PAUD dan PNF bertempat di Aula Dinas, Rabu 24/2/21.

Dihadapan undangan rapat yang terdiri dari Ketua IPI Kabupaten Buleleng, Kepala SPNF – SKB Kabupaten Buleleng, Ketua PKBM se- Kabupaten Buleleng, dan Ketua Forum Tutor se- Kabupaten Buleleng, dapat disampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas dasar menindaklanjuti poin penting dari Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional Dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Adapun beberapa poin yang perlu diperhatikan diantaranya: Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan /program pendidikan setelah: Menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi COVID- 19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester, Memperoleh nilai sikap/ perilaku minimal baik, dan Mengikuti ujtan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Selain itu, ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada huruf c, dilaksanakan dalam bentuk: Portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya), Penugasan Tes secara luring atau daring; dan/ atau sampai dengan Bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Perlu diketahui juga hasil Rapat kali ini menyepakati bahwa, ujian tingkat satuan pendidikan kesetaraan akan dilaksanakan terkoordinasi dengan menggunakan soal cetak dan difasilitasi oleh Disdikpora. Sedangkan untuk Rencana Penyusunan Soal akan dilakukan oleh Forum Tutor dengan Jenis Soal dan Mapel yang diujikan di setiap jenjang Paket A 6 Mapel, Paket B 7 Mapel dan Paket C 9 Mapel, lalu akan disusun dan dirakit oleh forum tutor didampingi Penilik Kesetaraan .Kemudian untuk master soal disepakati akan terselesaikan dan siap cetak pada tanggal 25 Maret 2021 sampai dengan dicetak dan didistribusikan oleh Disdikpora kepada Satuan Pendidikan.

Sementara itu, untuk Mata Pelajaran, Jumlah Butir Soal, dan Alokasi Waktu mulai dari Paket A, B dan C sudah disusun. Rencananya untuk Penentuan Tanggal sementara pelaksanaan Ujian Pendidikan Kesetaraan tingkat Satguan Pendidikan sebagai berikut; Paket A setara SD pada Tanggal 3 sd 5 Mei 2021, Paket B setara SMP pada tanggal 26 sd 30 April 2021 dan Paket C setara SMA pada tanggal 5 sd 9 April 2021. Selanjutnya untuk kepastian jadwal dan teknis pelaksanaan menunggu POS UPK yang akan diterbitkan oleh Direktorat PMPK (Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus).