(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BUKA WORKSHOP PENYUSUNAN NASKAH SOAL UJIAN SEKOLAH JENJANG SMP SE - KABUPATEN BULELENG

Admin disdikpora | 14 Februari 2023 | 769 kali

KADISDIKPORA BUKA WORKSHOP PENYUSUNAN NASKAH SOAL UJIAN SEKOLAH JENJANG SMP SE - KABUPATEN BULELENG


Singaraja, Selasa 14 Februari 2023 l DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng kembali mengadakan Workshop Penyusunan Naskah Soal Ujian Sekolah jenjang Sekolah Menengah Pertama ( SMP) tahun 2023 di SMP N 1 Singaraja.


Kegiatan ini secara resmi dibuka Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M.Saat memberikan arahan dan sambutan Kadisdikpora Buleleng mengatakan bahwa  "Workshop Penyusunan Soal Ujian Sekolah tentu memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam merumuskan indikator soal (Penilaian), serta mendapatkan naskah soal Ujian Sekolah yang berkualitas. Naskah Soal ujian sekolah dibuat bertujuan untuk melihat hasil proses belajar mengajar.   Dalam penyusunan soal  ujian, seorang guru harus menguasai tehnik penulisan yang sesuai dengan kaidah penulisan. Disamping itu juga harus mempunyai kemampuan menguasai kurikulum yang relevan dan harus mampu menyusun kisi kisi soal dengan baik." Ungkap Kadisdikpora Buleleng


Lebih lanjut, yang perlu menjadi perhatian bersama secara detail terkait dengan implementasi Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan akan disampaikan oleh narasumber dari Pengawas. Ditegaskan kembali, Waka kurikulum juga diharapkan memahami apa yang menjadi tujuan kegiatan ini sehingga nantinya akan diimbaskan kembali  kepada para  guru di Satuan Pendidikan masing - masing.Maka dari pada itu, Guru harus memiliki kemampuan dalam  menjalankan proses pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan hingga pengevaluasian. Di sinilah pentingnya workshop ini bagi guru agar memahami teknik dan prosedur evaluasi sehingga mampu memperbaiki proses belajar mengajar.


Selain itu, Waka Kurikulum diharapkan memotivasi para guru untuk memanfaatkan Platform m Merdeka Mengajar (PMM).Guru bisa memperoleh informasi untuk membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman dalam menerapkan Kurikulum Merdeka tentu saja dengan membuat akun belajar.id terlebih dahulu.



Sementara itu, dari laporan Kasi Kurikulum SMP,  Ketut Suardika, S.H menjelaskan bahwa Peserta yang ikut dalam Workshop ini berjumlah 70 orang Waka kurikulum SMP Negeri dan Swasta Se- Kecamatan Buleleng.Workshop ini dilaksanakan selama empat hari dimulai dari  tanggal 14 sampai dengan 17 Februari 2023.Sementara itu secara teknis tentang Teknik Pengetikan butir Soal (kejelasan, tipografi, ilustrasi, keseimbangan, dan lain sebagainya disampaikan narasumber Drs. I Gusti Agung Oka Yadnya, M.Pd.Sedangkan untuk penjelasan tentang teknik analisis butir soal (bahasa, content) disampaikan oleh Putu Pararta, S.Pd, M.Pd.Dalam kegiatan ini turut hadir Kepala sekolah SMP N 1 Seririt, Nyoman Armaja, S.Pd., M.Pd serta perwakilan Bappeda Kabupaten Buleleng, Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Buleleng.